Jenderal Sigit Jadi Kapolri, Komisi III DPR: Presisi Harus Lindungi Masyarakat

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Rabu, 27 Jan 2021 11:12 WIB
Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Pangeran Khairul Saleh (Dok Pribadi)
Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Pangeran Khairul Saleh (Dok. Pribadi)
Jakarta -

Jenderal Listyo Sigit Prabowo resmi dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Kapolri. Komisi III DPR RI meminta komitmen Jenderal Listyo Sigit Prabowo sesuai dengan apa yang disampaikan saat uji kelayakan.

"Kami minta komitmen beliau agar apa yang sudah disampaikan pada saat fit and proper test benar-benar dilaksanakan secara konsisten," kata Wakil Ketua Komisi III Pangeran Khairul Saleh kepada wartawan, Rabu (27/1/2021).

Saat menjalani uji kelayakan di Komisi III, Jenderal Listyo Sigit Prabowo memaparkan arah baru Polri dengan makalah berjudul 'Transformasi Menuju Polri yang Presisi: Prediktif-Responsibilitas-Transparansi Berkeadilan'. Komisi III berharap Presisi menjadi pelindung dan pengayom seluruh masyarakat.

"Kami juga berharap agar Polri ke depan dengan tagline-nya Presisi haruslah benar-benar menjadi pelindung dan pengayom masyarakat dengan lebih mementingkan kepentingan masyarakat banyak, menegakkan hukum secara berkeadilan dan bertindak humanis dalam mengatasi berbagai persoalan di lapangan. Kami juga berharap agar masalah penanganan masalah COVID dan pemulihan ekonomi peran Polri semakin nyata," ujar Pangeran.

Selain itu, Komisi III berharap Jenderal Listyo Sigit Prabowo dapat meningkatkan kepercayaan publik terhadap Polri. Serta dibarengi dengan penguatan internal Polri.

"Secara internal kami meminta agar soliditas Polri dapat tetap terjaga dan perbaikan kualitas SDM harus semakin meningkat agar mampu mengikuti perkembangan teknologi yang semakin maju. Semoga Komjen Listyo mampu meningkatkan kepercayaan masyarakat dan menghantarkan Polri menjadi polisi yang unggul (excellent)," imbuhnya.

Sebelumnya, Jenderal Listyo Sigit Prabowo resmi dilantik menjadi Kapolri. Jenderal Listyo Sigit Prabowo berkomitmen untuk menampilkan Polri yang tegas tetapi humanis.

"Hari ini secara resmi bapak presiden telah melantik saya menjadi Kapolri yang ke-25. Oleh karena itu, tentunya bagaimana telah kami sampaikan terkait dengan program yang ada di fit and proper, bagaimana ke depan kami berangkat dari potret Polri di mata masyarakat dan apa yang menjadi harapan masyarakat terhadap Polri tentunya bagaimana menampilkan Polri yang tegas dan humanis," kata Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (27/1).

"Bagaimana menampilkan Polri yang mampu memberikan pelayanan publik yang baik, bagaimana kita memberikan pelayanan secara transparan dan bagaimana kita mampu memberikan penegakan hukum secara berkeadilan," kata Sigit.

(rfs/man)