detikcom Do Your Magic

Rencana Kota Bekasi: Hamparan Sampah Selapangan Bola Menjadi TPS

Taufieq Renaldi Arfiansyah - detikNews
Selasa, 26 Jan 2021 21:37 WIB
Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi
Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi (Isal Mawardi/detikcom)
Bekasi -

Warga Kampung Caman mengeluhkan lingkungannya yang tercemar bau hamparan sampah seluas lapangan sepakbola. Pemerintah Kota Bekasi hendak mengangkut sampah dari lokasi. Namun Pemkot juga punya rencana untuk menjadikan lahan hamparan sampah itu sebagai tempat penampungan sementara (TPS) untuk sampah.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi menjelaskan pihaknya tengah mengajukan izin pinjam pakai ke Kementerian Keuangan RI supaya bisa memanfaatkan lahan yang tak jauh dari Gerbang Tol Kalimalang 1 itu, tepatnya di Kampung Caman, Kelurahan Jakasampurna, Kecamatan Bekasi Barat, Kota Bekasi, Provinsi Jawa Barat.

"Sedang menunggu izin dari Kementerian Keuangan untuk pinjam pakai," kata Rahmat Effendi kepada detikcom, Selasa (26/1/2021).

Rahmat menjelaskan lahan yang kini menjadi hamparan sampah tersebut memang milik Kemenkeu. Namun lahan itu belum dipakai oleh Kemenkeu. Nantinya, bila sudah diizinkan oleh Kemenkeu, Pemkot Bekasi akan menjadikan tempat itu sebagai TPS transit sebelum ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sumur Batu, Kecamatan Bantargebang, Kota Bekasi.

Sampah seluas lapangan sepakbola di Kampung Caman, tak jauh dari Gerbang Tol Kalimalang 1, Bekasi. 25 Januari 2021. (Taufieq Renaldi Arfiansyah/detikcom)Sampah seluas lapangan sepakbola di Kampung Caman, tak jauh dari Gerbang Tol Kalimalang 1, Bekasi. 25 Januari 2021. (Taufieq Renaldi Arfiansyah/detikcom)

"Bukan pembuangan, tetapi hanya transit sebelum ke TPU Sumur Batu," kata Rahmat Effendi.

Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto Tjahjono menyatakan rencana itu sebagai pilihan alternatif. Namun bukan berarti hamparan sampah selapangan bola itu akan dibiarkan tanpa diangkut.

"Alternatifnya bisa seperti itu (menjadi tempat transit sampah), tetapi kan harus diselesaikan dulu agar tidak menimbulkan bau dan pencemaran sungai dan ekologi yang ada di lokasi," kata Tri, dihubungi terpisah.

Simak video 'Sampah Seluas Lapangan Bola Ada di Bekasi':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya, warga Kampung Caman ingin bebas dari bau dan gangguan lingkungan akibat sampah selapangan bola:

Selanjutnya
Halaman
1 2