Diperiksa di Kasus Dugaan Rasisme, Ambroncius Nababan Dicecar 25 Pertanyaan

Kadek Melda L - detikNews
Selasa, 26 Jan 2021 15:47 WIB
Ambroncius Nababan.
Ambroncius Nababan (Kadek Melda Luxiana/detikcom)

Seperti diketahui, Ambroncius Nababan dipolisikan akibat ujarannya Facebook. Dia menyandingkan foto Natalius Pigai dengan foto gorila. Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri kemudian memanggil Ambroncius Nababan.

Ambroncius Nababan sudah angkat bicara soal ujaran rasis ke mantan komisioner Komnas HAM Natalius Pigai ini. Dia meminta maaf kepada Natalius Pigai dan masyarakat Papua.

"Saya meminta maaf kepada Saudara Natalius Pigai dan masyarakat Papua. Mungkin ada yang tersinggung dan menganggap saya menghina masyarakat luas, apalagi melakukan rasis," kata Ambroncius Nababan dalam siaran video, Senin (25/1).

Ketua Umum Projamin itu mengaku tidak mungkin berlaku rasis terhadap warga Papua, karena sudah diadati di Papua lewat acara lompat piring dan bakar batu. Ambroncius Nababan menyebut ujaran itu hanya ditujukan ke Natalius Pigai dan bukan ke warga Papua.

"Tidak mungkin saya melukai hati masyarakat Papua yang sangat saya cintai ini. Ini hanya terhadap Saudara NP, yang ketepatan dia anak Papua juga. Ini benar-benar ditujukan kepada Saudara NP tersebut, bukan kepada masyarakat Papua secara keseluruhan," ungkapnya.

"Saya benar-benar dengan hati yang tulus meminta maaf ke seluruh masyarakat Papua. Mohon hal ini tidak menjadikan kita jadi salah pengertian, miskomunikasi dan mudah-mudahan hal ini bisa dimaklumi dan dibukakan pintu maaf," sambung Ambroncius Nababan.

Halaman

(zak/zak)