Denny Klaim Kantongi Kecurangan Pilgub Kalsel, Akan Buktikan di MK

Andi Saputra - detikNews
Senin, 25 Jan 2021 15:47 WIB
Calon Gubernur Kalsel Denny Indrayana
Foto: Denny Indrayana (dok. istimewa)
Jakarta -

Denny Indrayana menyatakan siap bertarung dalam gugatan sengketa Pilgub Kalsel di Mahkamah Konstitusi (MK). Selain Pilgub Kalsel, MK juga akan menggelar sidang 135 perkara secara maraton selama 3 hari.

"Ini adalah agenda yang tidak kalah penting. Setelah langkah pendek melakukan evakuasi tanggap darurat bencana, membantu dengan sepenuh hati, sekarang saaatnya di jangka menengah melakukan penyelamatan Kalsel. Salah satunya melalui jalur konstitusional, jalur demokrasi hasil pilgub d MK," kata Denny, Senin (25/1/2021).

Sidang pendahuluan sengketa Pilgub Kalsel ini akan digelar pada Selasa (26/1) esok. Denny menyinggung sembako Bansos yang dipakai inkumben untuk pencitraan. Hal itu sudah dilaporkannya ke Bawaslu Kalsel dan Bawaslu RI.

"Kita tahu persis bahwa dalam pelaksanaanya banyak persoalan-persoalan. Tidak sedikit bukti yang kami hadirkan. Itu semua akan dibuktikan di MK," ujarnya.

Denny menyatakan sudah mengantongi bukti lain. Tapi tidak menutup kemungkinan bagi masyarakat yang masih menemukan pelanggaran untuk melaporkan ke dirinya.

"Meski dikatakan dibantah tapi dalam hati nurani mereka sebenarnya tahu kecurangan-kecurangan itu adalah bagian dari Pilgub di Kalsel. Kita akan buktikan itu semua di MK," katanya.

Sebagaimana diketahui, KPU Kalsel menetapkan total perolehan suara pasangan Sahbirin-Muhidin sebanyak 851.822 suara. Sementara pasangan nomor urut 2, Denny Indrayana-Difriadi Derajat mengantongi 843.695 suara. Selisih suara keduanya 8.127 suara atau kurang dari 1 persen. Denny tidak terima dan mengajukan gugatan ke MK.

(asp/aud)