Airlangga Puji Alat Tes Corona GeNose: Teruji Beri Hasil Lebih Cepat

Jihaan Khoirunnisaa - detikNews
Senin, 25 Jan 2021 15:31 WIB
Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Airlangga Hartarto
Foto: Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memuji produk anak bangsa bernama GeNose. Menurutnya, alat pendeteksi infeksi virus Corona melalui hembusan napas buatan peneliti UGM itu diyakini berkontribusi besar dalam upaya penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia.

"Saya menyampaikan apresiasi yang tinggi dan penghargaan kepada civitas akademika Universitas Gadjah Mada (UGM) atas penemuan alat-alat baru yang melengkapi karya anak bangsa dalam upaya mengatasi pandemi COVID-19," kata Airlangga dalam keterangannya, Senin (25/1/2021).

"Produk ini telah teruji memberikan hasil lebih cepat dan reliabilitas tinggi dengan biaya terjangkau dan telah diberikan izin edar oleh Kementerian Kesehatan," imbuh dalam acara diskusi bersama keluarga besar Universitas Gadjah Mada dan para alumni dengan tema 'Sumbangsih UGM dalam Penanggulangan COVID-19 melalui Penemuan Alat-Alat Kesehatan' (24/1).

Di samping itu, UGM juga telah menciptakan sejumlah peralatan kesehatan lainnya, seperti face shield, bilik swab yang dilengkapi HEPA filter, serta alat pengukur suhu tubuh dengan pemindai wajah.

"Dalam kondisi pandemi yang berat ini, saya yakin kita semua tetap bisa memanfaatkan peluang, seperti mengembangkan sektor industri kesehatan. Peran perguruan tinggi menjadi sangat penting. Sebagaimana yang dilakukan oleh tim UGM dan kampus lainnya," jelas Airlangga.

Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) ini mengatakan bahwa pemerintah menyambut baik serta mendukung pengembangan produk riset dan inovasi di sektor kesehatan dan farmasi. Termasuk di dalamnya menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, mulai dari perguruan tinggi, BUMN maupun pihak swasta, demi percepatan penanggulangan pandemi Corona di Indonesia sekaligus mendorong kemajuan industri kesehatan Tanah Air.

"Saya harap penemuan produk-produk riset dan inovasi di bidang kesehatan di Indonesia dapat terus kita dukung, berkembang, dan bermanfaat bagi penanganan pandemi di masyarakat luas," pungkasnya.

(akd/ega)