Polemik Siswi Nonmuslim Diminta Berjilbab, Kepala SMKN 2 Padang Siap Dipecat

Jeka Kampai - detikNews
Senin, 25 Jan 2021 13:00 WIB

Dia mengatakan aturan soal pakaian sekolah sudah diselesaikan sejak lama. Menurutnya, tak perlu ada perdebatan soal seragam sekolah.

"Aturan pakaian dan seragam sekolah itu sudah selesai sejak bertahun-tahun lalu. Tidak ada yang perlu diperdebatkan lagi," tambah Adib.

Kasus ini menjadi viral, setelah Elianu Hia mengunggah tayangan live di akun Facebook-nya pada Kamis (21/1/2021). Video itu memperlihatkan adu argumen antara Elianu dan Wakil Kepala SMK Negeri 2 Padang, Zakri Zaini.

Elianu mengaku dipanggil pihak sekolah karena anaknya tidak mengenakan jilbab. Putrinya tidak mengenakan jilbab karena bukan muslim.

Video tersebut viral dan menjadi polemik. Mendikbud Nadiem Makarim menilai aturan tersebut intoleran dan meminta agar pihak yang terlibat ditindak tegas.

"Saya meminta pemerintah daerah sesuai dengan mekanisme yang berlaku, segera memberikan sanksi yang tegas atas pelanggaran disiplin bagi seluruh pihak yang terbukti terlibat, termasuk kemungkinan menerapkan pembebasan jabatan, agar permasalahan ini menjadi pembelajaran kita bersama ke depannya," ucap Nadiem.

Halaman

(haf/haf)