Banjir Surut, Warga Jatibening Mulai Bersih-bersih Rumah

Afzal Nur Iman - detikNews
Minggu, 24 Jan 2021 18:27 WIB
Jakarta -

Banjir di Perumahan Jatibening Permai, Jatibening, Pondok Gede, Bekasi sudah surut. Warga dan petugas pemadam kebakaran mulai bersih-bersih.

Pantauan di lokasi, Minggu (24/1/2021), warga terlihat mulai kembali ke rumahnya untuk membersihkan rumah dengan peralatan seadanya. Warga tampak mengeluarkan barang ke halaman rumah dan menyiram rumah dengan air.

Terlihat dua mobil pemadam kebakaran datang ke lokasi banjir. Petugas ikut membantu warga untuk membersihkan jalan dengan penyemprot air di perumahan tersebut.

Petugas BPBD meninggalkan lokasi menggunakan mobil yang juga membawa perahu karet untuk evakuasi. Banjir 1 meter di Jatibening Permai menyebut air mulai masuk ke rumah sejak pukul 08.30 WIB.

"Satu meter lebih," kata salah seorang warga, Noval Triansyah di lokasi banjir tersebut.

Sebelumnya, Pemkot Bekasi menyiapkan sejumlah strategi untuk mencegah banjir terulang. "Pertama adalah mengubah lapangan ini, ya ini akan kita jadikan sebagai tandon sebagai langkah awal untuk menampung air yang ada di atas," kata Wakil Wali Kota Tri Adhianto saat meninjau Perumahan Jatibening Permai, Jati Bening, Pondok Gede, Bekasi, Minggu (24/1/2021).

Lapangan yang dimaksud tepat di halaman Masjid An Nur, yang terletak di depan perumahan Jatibening Permai. Kemudian Tri mengatakan akan memperbaiki crossing yang ada di jalan Jatibening.

"Langkah yang kedua adalah kita memperbaiki crossing yang ada di Jalan Raya Jatibening ini, Caman, yang paling utama adalah crossing yang ada di bawah tol," lanjutnya.

(idn/idn)