Nadiem Jabarkan soal Aturan Seragam Sekolah Harus Hargai Agama Siswa

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Minggu, 24 Jan 2021 15:31 WIB

Diberitakan sebelumnya, Mendikbud Nadiem Makarim meminta pemerintah daerah (pemda) setempat memberikan sanksi tegas ke para pihak yang membuat aturan bahwa siswi nonmuslim di SMKN 2 Padang diwajibkan mengenakan jilbab. Nadiem menilai aturan siswi nonmuslim harus memakai jilbab itu bertentangan dengan UU.

"Hal tersebut (aturan siswi nonmuslim harus mengenakan jilbab) merupakan bentuk intoleransi atas keberagamaan, sehingga bukan saja melanggar peraturan UU, melainkan juga nilai-nilai Pancasila dan kebinekaan," tegas Nadiem.

Nadiem menegaskan bahwa pemerintah tidak akan mentolerir guru dan kepala sekolah di Padang yang membuat aturan siswi nonmuslim harus berhijab. Dia mengapresiasi gerak cepat pemda setempat dalam menangani kasus tersebut.

"Untuk itu pemerintah tidak akan mentolerir guru dan kepala sekolah yang melakukan pelanggaran dalam bentuk intoleransi tersebut. Sejak menerima laporan mengenai SMKN 2 Padang Kemendikbud telah berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk segera mengambil tindakan tegas, saya mengapresiasi gerak cepat pemerintah daerah terhadap pihak-pihak yang terbukti melakukan pelanggaran," papar Nadiem.

Halaman

(whn/zak)