Pemprov DKI Tambah TPU Khusus COVID, Gerindra: Bagian dari Antisipasi

Arief Ikhsanudin - detikNews
Minggu, 24 Jan 2021 08:34 WIB
Jakarta -

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menambah lagi tempat pemakaman umum (TPU) khusus COVID-19. Gerindra DKI meminta agar penambahan TPU khusus protap COVID-19 tidak dikaitkan dengan angka kematian karena COVID.

"Kalau disebut korelasi, boleh. Tapi, kebijakan penambahan pemakaman bagian dari tanggung jawab pemerintah antisipasi, melakukan apa. Kalau soal penambahan angka kematian, itu tidak lepas dari kebijakan. Jangan kesimpulan dengan penambahan (TPU khusus COVID-19) menunjukkan angka kematian tinggi," kata anggota Fraksi Gerindra DKI Jakarta, Syarif, saat dihubungi, Sabtu (24/1/2021).

"Itu berpikir terbalik. Seperti, banyak orang sehat, profesi dokter tidak diminati banyak orang," ujarnya.

Penambahan TPU khusus COVID merupakan kebijakan antisipasi. Kebijakan itu pun mendapan masukan dari beberapa pihak di luar pemerintah.

"Kalau ada penambahan (TPU), kebijakan dalam kontes antisipasi. Pemerintah harus memprediksi, plan, masukan dari pakar dan praktisi," katanya.

Menurut Sekretaris Komisi D DPRD DKI tersebut, Jakarta memiliki masalah lahan TPU. Sehingga, adanya perluasan TPU juga bisa mengatasi masalah lahan makam di Jakarta.

"Setelah pandemi berangsur surut, new normal, terus lahan itu kan masih bisa digunakan. TPU bukan lagi untuk masyarakat yang positif. Kan bisa digunakan TPU, untuk selain jenazah yang terkonfirmasi COVID," katanya.

Diketahui, lahan pemakaman khusus Corona di Jakarta, diketahui ada di TPU Pondok Ranggon, Jakarta Timur. Hingga akhirnya area itu penuh dan Pemprov membuka lahan-lahan lain.

Area pemakaman khusus jenazah Corona yang kemudian dibuka oleh Pemprov DKI di antaranya TPU Tegal Alur Jakarta Barat, TPU Rorotan Jakarta Barat, hingga TPU Srengseng Sawah Jakarta Selatan.

Baru sepekan berlalu, lahan khusus pemakaman Corona di TPU Srengseng Sawah sudah hampir penuh. Lahan baru kemudian disiapkan di TPU Bambu Apus Jakarta Timur.

"Hari ini baru dimulai (pembukaan lahan baru). Jadi untuk sementara jenazah yang dimakamkan di TPU Pondok Ranggon dialihkan ke TPU Bambu Apus," kata Penanggung Jawab Pelaksana Pemakaman COVID-19 di TPU Pondok Ranggon Muhaemin seperti dilansir Antara, Jumat (22/1).

(aik/lir)