Menko Marves-Menhub Tinjau Alat GeNose C19 Buatan UGM di Stasiun Senen

Kadek Melda Luxia - detikNews
Sabtu, 23 Jan 2021 13:26 WIB
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan Tinjau GeNose C19
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan meninjau GeNose C19. (Kadek Melda/detikcom)
Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan bersama Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau alat baru screening COVID-19 bernama GeNose C19 di Stasiun Senen, Jakarta Pusat. GeNose C19 buatan Universitas Gadjah Mada (UGM) dapat mendeteksi Corona melalui embusan napas.

Pantauan detikcom di Stasiun Senen, Jakarta Pusat, Sabtu (23/1/2021) Menhub Budi Karya tiba pukul 10.40 WIB disusul Menko Marves Luhut. Keduanya langsung masuk ke ruangan Kepala Stasiun Senen kemudian meninjau alat GeNose C19 di pintu masuk keberangkatan.

Menko Luhut diberi penjelasan mengenai alat GeNose oleh Kepala Produksi Konsorsium Genus C19 Prof Eko, lalu mencoba alat tersebut. Luhut diberi satu buah kantong plastik tempat untuk menampung embusan napas oleh petugas yang mengoperasikan alat tersebut.

Luhut kemudian menarik napas sebanyak tiga kali. Napas ketiga kemudian diembuskan Luhut ke dalam kantong plastik tersebut.

Kantong tersebut kemudian diserahkan ke petugas untuk dideteksi hasilnya. Setelah menunggu 50 detik, tampilan layar menunjukkan hasil Menko Luhut negatif COVID-19.

"Saran saya nanti, seperti kita rapat kemarin (di Istana), kalau boleh semua kita pakai ini (Genose) saja, karena akan dikembangkan lagi, jadi punya big data sendiri dan keakurasiannya lebih tajam, cost-nya lebih turun dan buatan Indonesia, itu lebih penting," kata Luhut kepada Budi Karya setelah mencoba alat GeNose C19.

Simak video 'GeNose Gunakan AI untuk Deteksi COVID-19':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2