Dede Yusuf soal Viral Siswi Nonmuslim Diminta Berhijab: Tak Boleh Ada Paksaan

Matius Alfons - detikNews
Sabtu, 23 Jan 2021 12:58 WIB
Dede Yusuf
Dede Yusuf Macan Effendi (Foto: Wisma Putra)
Jakarta -

Wakil Ketua Komisi X DPR RI Fraksi Demokrat, Dede Yusuf Macan Effendi menanggapi soal viral di media sosial seorang siswi nonmuslim diminta memakai jilbab di SMK Negeri 2 Padang, Sumatera Barat. Dede Yusuf menyebut aturan Kemendikbud untuk cara berpakaian murid selama ini hanya pakaian yang sopan dan rapih.

"Kalau pandangan saya, yang kita pakai adalah aturan dinas pendidikan daerah dan Kementerian Pendidikan (Kemendikbud). Pakaian yang benar adalah pakaian yang rapih dan sopan," kata Dede Yusuf saat dihubungi, Sabtu (23/1/2021).

Dede Yusuf menyebut, khusus bagi sekolah swasta, bisa menerapkan cara berpakaian sesuai aturan yayasan. Namun untuk sekolah negeri, dia menegaskan tidak boleh ada paksaan kepada siswa atau siswi yang tidak seagama.

"Kecuali itu adalah sekolah swasta khusus dengan aturan khusus yayasan. Namun untuk sekolah negeri tidak boleh ada paksaan kepada saudara-saudara yang tidak seagama, selama pakaian itu sopan dan rapih," sebutnya.

Dede Yusuf menyebut memang ada beberapa daerah yang kental dengan budaya agama. Meski demikian, pihak sekolah yang menerapkan aturan paksaan kepada yang tidak satu agama tersebut seharusnya dibina tentang kewarganegaraan dan ke-bhinekaan.

"Ada beberapa daerah yang memang kental dengan budaya agama. Seperti ini cuma perlu pembinaan tentang kewarganegaraan, tidak perlu sanksi khusus. Itulah utamanya ke-Bhinekaan yaitu saling menghargai," ujarnya.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2