25 Nama-nama Nabi dan Rasul Beserta Tugasnya Bisa Dikenalkan Sejak Dini

Lusiana Mustinda - detikNews
Jumat, 22 Jan 2021 22:42 WIB
Vector of islamic calligraphy name of Prophet - Solawat supplication phrase translated as God bless Muhammad
Foto: Getty Images/iStockphoto/Zeynurbaba
Jakarta -

Mengenal 25 nama-nama Nabi dan Rasul beserta tugasnya bisa jadi salah satu pelajaran agama yang bisa dikenalkan sejak dini. Tentunya pelajaran agama bisa menjadi pondasi yang kuat.

Akan tetapi mengenalkan tentang Nabi dan Rasul kepada anak-anak bisa dimulai sejak kecil. Bunda bisa mengajarkan nama-nama tersebut sambil bernyanyi.

Supaya lebih dipahami, Bunda perlu menjelaskan bahwa ada perbedaan antara Nabi dan Rasul. Dikutip dari buku 'Juz 'Amma' karya Tim Genta Hidayah, perbedaan Nabi dan Rasul terletak pada penyampaian wahyu. Diketahui, nabi dan rasul sama-sama diutus oleh Allah ke dunia dan menerima wahyu.

Namun bedanya, Nabi tidak diwajibkan menyampaikan wahyu kepada umat. Sedangkan, Rasul wajib menyampaikan wahyu yang diterimanya kepada umat yang dipimpinnya.

Setiap Rasul pasti lah Nabi. Tapi, tidak semua Nabi adalah Rasul. Artinya, Nabi adalah manusia yang diberi wahyu oleh Allah tetapi tidak wajib disampaikan kepada umatnya. Sementara, Rasul adalah seseorang yang mendapat wahyu dari Allah dan wajib menyampaikan kepada umatnya.

Allah SWT berfirman dalam surat An-Nisa ayat 164:

وَرُسُلًا قَدْ قَصَصْنَٰهُمْ عَلَيْكَ مِن قَبْلُ وَرُسُلًا لَّمْ نَقْصُصْهُمْ عَلَيْكَ ۚ وَكَلَّمَ ٱللَّهُ مُوسَىٰ تَكْلِيمًا

Artinya: "Dan (Kami telah mengutus) rasul-rasul yang sungguh telah Kami kisahkan tentang mereka kepadamu dahulu, dan rasul-rasul yang tidak Kami kisahkan tentang mereka kepadamu. Dan Allah telah berbicara kepada Musa dengan langsung." (QS Surat An Nisa: 164).

Berikut 25 nama-nama Nabi dan Rasul beserta tugasnya:

1. Nabi Adam As
Nabi Adam AS adalah manusia dan khalifah pertama yang diciptakan oleh Allah SWT.

2. Nabi Idris As
Nabi Idris adalah keturunan Nabi Adam yang dieknal dengan kecerdasannya. Ia adalah nabi pertama yang dapat menulis dan membaca.

3. Nabi Nuh As
Nabi Nuh masuk ke dalam golongan Ulul Azmi yang artinya memiliki cobaan berat namun mampu menghadapinya dengan penuh kesabaran. Nuh mendapatkan mulkjizat yaitu mempu membuat perahu yang besar untuk menyelamatkan manusia dan hewan dari banjir bandang.

4. Nabi Hud As
Mukjizat Nabi Hud yakni mampu menurunkan hujan atas izin Allah, di saat kaum 'Ad dilanda kekeringan hingga tanaman mati dan tak ada sumber air.

5. Nabi Shaleh As
Salah satu mukjizat Nabi Shaleh yakni memunculkan unta betina yang hamil 10 bulan dari batu besar yang terbelah.

6. Nabi Ibrahim As
Nabi Ibrahim juga memiliki mukjizat tetap hidup meski dibakar dengan api, setelah menghancurkan berhala dan tak ingin mengakui Raja Namrud sebagai Tuhan.

7. Nabi Luth As
Nabi Luth As merupakan keponakan Nabi Ibrahim As. Allah SWT mengutusnya untuk kaum Sodom dan Gomorrah yang memiliki perilaku seks yang menyimpang.

8. Nabi Ismail As
Nabi Ismail pernah menerima perintah Allah untuk disembelih ayahnya sendiri. Namun ketika Nabi Ibrahim mengarahkan benda tajam untuk menyembelihnya, Allah menggantikan Nabi Ismail dengan kambing. Ini menjadi awal mula qurban pada Hari Raya Idul Adha.

9. Nabi Ishaq As
Dalam Alquran disebutkan Nabi Ishaq memiliki ilmu, akhlak, dan perbuatan yang baik.

10. Nabi Yaqub As
Nabi Yaqub As digambarkan pribadi yang memiliki karakter yang kuat dan keimanan yang luar biasa.

11. Nabi Yusuf As
Nabi Yusuf As pernah bermimpi kalau bulan, matahari, dan bintang bersujud padanya. Sejak itulah, Nabi Yaqub mengetahui bahwa putranya akan menjadi orang besar.

12. Nabi Ayyub As
Nabi tersabar ini diuji oleh Allah SWT melalui penderitaan panjang dengan penyakit kulit hingga hartanya habis namun tetap taat kepada Allah SWT.

13. Nabi Syu'aib As
Nabi Syuaib As diutus untuk kaum Madyan, kaum ini ingkar dan menolak ajakan Nabi Syuaib As untuk menyembah kepada Allah SWT. Karena tetap ingkar dan tak mengikuti Nabi Syuaib, maka Allah memberikan ujian berupa badai panas, mendatangkan awan hitam, hingga gempa bumi yang membinasakan.

14. Nabi Musa As
Kisah Nabi Musa yang paling terkenal ketika tongkatnya mampu membelah lautan ketika dikejar Raja Fir'aun.

15. Nabi Harun As
Nabi Harun As dikaruniai kemampuan berbahasa yang luar biasa.

16. Nabi Zulkifli As
Nabi Zulkifli As adalah anak satu-satunya dari Nabi Ayyub As yang selamat dari reruntuhan rumah.

17. Nabi Daud As
Nabi Daud memiliki mukjizat kitab Zabur. Nabi Daud juga bisa berkomunikasi dengan burung, memiliki suara merdu dan bisa melunakkan besi dengan tangan kosong.

18. Nabi Sulaiman As
Nabi Sulaiman As terkenal sebagai raja yang kaya raya dan berkuasa. Salah satu mukjizat Nabi Sulaiman As adalah bisa bicara dengan binatang, serta memiliki bala tentara dari kalangan manusia, jin, dan hewan.

19. Nabi Ilyas As
Nabi Ilyas As merupakan utusan Allah SWT bagi kaum Bani Israil yang gemar menyembah patung yang diberi nama Ba'al.

Meski telah menerima dakwah dari Nabi Ilyas, akan tetapi mereka tetap ingkar hingga Allah menurunkan azab berupa kekeringan yang panjang.


20. Nabi Ilyasa As
Nabi Ilyasa As diberikan tugas untuk melanjutkan dakwah Nabi Ilyas untuk Bani Israil. Salah satu mukjizat Nab Ilyasa As adalah menghidupkan orang mati atas izin Allah SWT.

21. Nabi Yunus As
Mukjizat Nabi Yunus As adalah tetap selamat ketika ditelan ikan Paus.

22. Nabi Zakaria As
Nabi Dzakaria As adalah keturunan Nabi Daud As dan Nabi Sulaiman As.

23. Nabi Yahya As
Nabi Yahya As adalah anak dari Nabi Zakaria As yang lahir ketika usianya sudah sangat tua. Nabi Yahya As ialah seorang yang berprinsip, integritasnya tinggi serta benar-benar menegakkan kebenaran.

24. Nabi Isa As
Nabi Isa As terlahir dengan mukjizat Allah SWT dari seorang perempuan suci bernama Maryam. Beliau mendapatkan mukjizat kitab Injil dan menjadi nabi dari umat Nasrani.

25. Nabi Muhammad SAW
Nabi Muhammad SAW adalah nabi terakhir sekaligus penutup. Mukjizat Nabi Muhammad SAW adalah kitab suci Al-Qur'an, sebagai penyempurna kitab-kitab sebelumnya yang diturunkan oleh Allah SWT.

Itulah 25 nama-nama Nabi dan Rasul yang bisa kita ajarkan kepada si kecil.



(lus/erd)