detikcom Do Your Magic

Stasiun Tanah Abang dan Tangerang Tak Punya Fasilitas Parkir Sepeda

Afzal Nur Iman - detikNews
Jumat, 22 Jan 2021 20:45 WIB
Sepeda yang terparkir di Stasiun Tangerang yang tidak memiliki parkir khusus sepeda.
Sepeda parkir di Stasiun Tangerang yang tak ada parkir khusus sepeda. (Afzal Nur Iman/detikcom)
Jakarta -

Masyarakat berharap ada fasilitas parkir sepeda di stasiun kereta rangkaian listrik (KRL). Ternyata beberapa stasiun KRL di Jabodetabek tidak punya fasilitas parkir sepeda, termasuk di Stasiun Tanah Abang dan Tangerang.

Mayoritas dari stasiun tersebut tidak memiliki fasilitas untuk parkir sepeda di dalamnya. detikcom mendatangi Stasiun Pondok Ranji pada Jumat (22/1/2021) pukul 15.50 WIB.

Pantauan detikcom di lokasi terlihat tidak terdapat parkir khusus sepeda atau sepeda yang terparkir di sana.

Pondok Ranji adalah stasiun KRL yang dilewati ketika menuju Stasiun Rangkasbitung dari arah Stasiun Tanah Abang. Hanya terlihat motor di tempat parkir yang disediakan oleh stasiun.

Pada hari yang sama di Stasiun Tanah Abang, pada pukul 17.20 WIB, terlihat hal yang sama. Tempat parkir hanya disediakan bagi pengendara sepeda motor dan tidak terlihat ada sepeda yang terparkir. Waktu itu stasiun terlihat sangat ramai terutama di tempat orang yang ingin menaiki KRL ke arah Stasiun Manggarai.

Dengan penumpang KRL yang cukup banyak di Tanah Abang, parkir sepeda motor juga bisa dibilang cukup kecil. Namun terdapat beberapa tempat parkir sepeda motor di luar stasiun.

Sekitar pukul 18.30 WIB detikcom tiba di stasiun Tanggerang. Parkir di stasiun tersebut memang cukup luas. Ada dua lahan parkir yang disediakan di area stasiun. Motor yang terparkir di sana juga cukup banyak.

Di salah satu area parkir terlihat satu sepeda yang terparkir di pagar stasiun yang dikunci dengan rantai yang biasa digunakan sepeda.

Salah satu penumpang KRL menceritakan kebiasaan para pesepeda dalam memarkir sepedanya. Walaupun ia tidak menggunakan sepeda ia beberapa kali melihat ada sepeda yang terparkir di stasiun tersebut.

"Setahu saya tidak ada (parkir khusus sepeda), cuma bareng sama motor bisa, di samping motor juga bisa, di deket pohon juga bisa," kata Yovi Anrea Basri di Stasiun Tanggerang, Tanggerang, Jumat (22/1/2021).

"Ya digembok, bawa gembok sendiri, bisa dibawa ke kereta tapi kalau sepeda lipat," lanjutnya.

Salah satu stasiun yang memiliki tempat parkir adalah Stasiun Pasar Minggu. Saat dikunjungi pada Rabu (20/1) pukul 08.12 WIB, tempat parkir sepeda itu terletak di area parkir bagian belakang stasiun.

Tempat khusus parkir sepeda tersebut bisa memuat lima slot sepeda. Kondisi tempat parkir sepeda masih terawat.

(aik/aik)