Jaringan Listrik di Sulbar Berangsur Pulih Usai Gempa M 6,2

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 22 Jan 2021 08:18 WIB
PLN terus melistriki pelosok negeri. Di tengah pandemi COVID-19, PLN berhasil menyalurkan listrik ke 5 dusun di Provinsi Sulsel dan Sulawesi Barat (Sulbar).
Foto: Petugas PLN memperbaiki jaringan listrik di Sulbar. (Dok. PLN)
Jakarta -

Jaringan listrik di wilayah Sulawesi Barat (Sulbar) mulai pulih pascagempa magnitudo (M) 6,2. Wilayah yang terdampak gempa yang jaringan listriknya sudah diperbaiki adalah Mamuju dan Majene.

PLN mengidentifikasi ada 872 gardu distribusi terdampak gempa. Hingga Rabu (20/1), PLN menyatakan 98 persen kelistrikan yang terdampak gempa telah pulih.

"Secara sistem kelistrikan telah pulih semua pada Rabu sore, kecuali daerah Ulumanda, Majene," ujar perwakilan PLN Sulawesi Barat Mudhakir melalui keterangan tertulis yang disiarkan BNPB, Jumat (22/1/2021).

Tercatat, ada 856 gardu yang sudah selesai diperbaiki atau sekitar 84.873 pelanggan kembali dapat mengakses listrik. Namun masih ada 16 trafo yang melayani 1.403 pelanggan di Ulumanda belum dapat diperbaiki karena lokasi belum dapat diakses.

Menurutnya, perbaikan di Ulumanda menunggu akses ke lokasi dapat dilalui terlebih dahulu. Pemerintah setempat masih memperbaiki akses menuju Ulumanda dengan mengerahkan alat berat.

Diketahui, gempa M 6,2 di Sulbar terjadi pada (15/1) lalu. Puluhan orang meninggal dunia dan ribuan orang mengungsi akibat peristiwa ini.

(man/dkp)