detikcom Do Your Magic

Stasiun KRL Tak Masuk Kategori Ramah Pesepeda Versi Anies Baswedan

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 21 Jan 2021 18:49 WIB
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan penghargaan kepada beberapa gedung dan tempat usaha ramah pesepeda. Namun, dalam penghargaan itu, stasiun KRL tidak masuk kategori.

"Dalam rangka memperingati Hari Bebas Kendaraan Bermotor Sedunia, pada bulan September 2020 @dishubdkijakarta menginisiasi kegiatan penghargaan bangunan ramah pesepeda se-DKI Jakarta," tulis Anies Baswedan dalam laman Facebook-nya, seperti dilihat detikcom, Kamis (21/1/2020).

"Terdapat 54 kandidat yang mendaftar dari empat kategori, yakni: 37 gedung kantor, 11 pusat perbelanjaan, 3 gedung hunian, dan 3 bangunan rendah untuk usaha. Setelah dilakukan survey penilaian, didapatkan 11 bangunan yang memiliki nilai terbaik dari masing-masing kategori," sambungnya.

Dalam penghargaan itu, ada beberapa kriteria, yaitu akses sepeda ke dalam gedung; kapasitas, keamanan, peneduhan, dan keamanan parkir sepeda; serta ketersediaan fasilitas kamar mandi/kamar ganti.

Pemenang dalam kategori tersebut adlaah:

Kategori Perkantoran:
- Menara BNI Pejompongan
- BPK Perwakilan DKI Jakarta
- Kompas Gramedia
- Arkadia Green Park
- Sampoerna Strategic Square
- Graha Mandiri Taspen
- Kementerian Luar Negeri

Kategori Pusat Perbelanjaan:
- Kuningan City Mall
- Mal Kota kasablanka

Kategori Hunian
- Apartemen Taman Rasuna

Kategori Bangunan Rendah untuk Usaha
- Elatre Sport Cafe

Tak ada tempat parkir sepeda di Stasiun Tebet, Rabu (20/1). Sepeda harus diikat dengan pagar stasiun.Tak ada tempat parkir sepeda di Stasiun Tebet, Rabu (20/1). Sepeda harus diikat dengan pagar stasiun. (Taufieq Renaldi Arfiansya/detikcom)

Saat ini, pesepeda meminta agar stasiun-stasiun kereta rel listrik (KRL) memiliki parkir sepeda yang layak. Muncul pula petisi di change.org yang dibuat Febi Yonesta soal penyediaan parkir sepeda di stasiun-stasiun.

Sudah sejak 2019, pesepeda menyuarakan aspirasinya lewat petisi di change.org dengan judul 'PT KAI Harus Menyediakan Lokasi Parkir Khusus Sepeda Bebas Biaya di Setiap Stasiun Kereta'.

Sampai Kamis (21/1/2020) pukul 15.25 WIB, petisi itu sudah mendapat dukungan atau ditandatangani 1.256 warganet.

Di Jakarta, banyak stasiun-stasiun yang tidak memiliki parkir Sepeda. Salah satunya di Stasiun Tebet, pada Rabu (20/1) pukul 10.58 WIB, terdapat dua sepeda yang terpaksa parkir bersandar di pagar stasiun. Sepeda diikat dengan rantai ke pagar stasiun agar aman. Tak ada pula parkir sepeda di Tanjung Barat, saat detikcom menyambangi lokasi pada Rabu (20/1) pukul 19.27 WIB.

(aik/dnu)