Terungkap, Sakka di Bone Tega Tikam Istri Bertubi-tubi karena Cemburu

Zulkipli Natsir - detikNews
Kamis, 21 Jan 2021 17:42 WIB
Sakka alias AU (20) yang buron 2 bulan usai menikam istrinya bertubi-tubi (dok. Istimewa).
Sakka alias AU (20) yang buron 2 bulan usai menikam istrinya bertubi-tubi. (dok. Istimewa)
Bone -

Motif Kamaluddin alias Sakka (24) di Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel), yang tega menghabisi nyawa istrinya secara sadis dengan ditikam bertubi-tubi terungkap. Ternyata, Sakka terbakar cemburu usai mengetahui istrinya berkirim pesan dengan mantannya di media sosial.

"Korban dan pelaku saat itu berada di kamar dan bermain handphone. Pelaku kemudian menyita handphone korban dan mendapati chating-an korban di Facebook Messenger dengan mantan pacarnya," ujar Kapolres Bone AKBP Try Handako saat konferensi pers di kantornya, Kamis (21/1/2021).

Peristiwa pembunuhan tersebut terjadi pada 20 November 2020 di rumahnya di Kecamatan Tanete Riattang, Bone. Saat mengetahui istrinya berkirim pesan dengan mantannya, Sakka sempat terlibat cekcok.

Di tengah percekcokan, Sakka lalu melempari istrinya dengan ponsel tersebut dan mengenai pipi istrinya. Sakka, yang sudah terbakar emosi, lalu mengambil badik dan menikam istrinya secara bertubi-tubi hingga tewas.

"Antara pelaku dan korban sebelum peristiwa pembunuhan ini, beberapa kali terjadi cekcok. Sempat juga cekcok di depan orang tua pelaku," tuturnya.

Usai menghabisi nyawa istrinya, Sakka kemudian melarikan diri dan jadi buron selama 2 bulan. Selama pelarian, dia kerap berpindah-pindah tempat dari Sulsel, ke Sulawesi Tenggara (Sultra), lalu ke Kalimantan Timur (Kaltim) melalui Sulsel. Dia lalu ditangkap di Berau, Kaltim, di rumah keluarganya.

Namun, saat dikirim dari Kaltim ke Bone, pelaku sempat kembali melawan petugas dan berupaya melarikan diri.

"Tepatnya pada hari Rabu tanggal 20 Januari 2021 sekira jam 22.00 Wita yang bertempat jalan poros Makassar- Watampone di mana pelaku meronta-ronta dan berusaha melarikan diri. Maka tim melakukan tembakan peringatan namun pelaku tidak menghiraukan peringatan anggota," jelasnya.

"Maka tim melakukan tindakan tegas yang terukur dan terarah hingga mengenai kedua kaki pelaku pada bagian tumit hingga pelaku terjatuh dan berhasil diamankan kembali, dan dirujuk ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan, dan selanjutnya melanjutkan perjalanan menuju Mapolres Bone," lanjutnya.

Tonton video 'Perjalanan Perkara Harris: Bunuh Sekeluarga di Bekasi-Divonis Mati MA':

[Gambas:Video 20detik]



(nvl/nvl)