detikcom Do Your Magic

Melihat Kondisi Tempat Parkir Sepeda di Stasiun-stasiun KRL

Taufieq Renaldi Arfiansya - detikNews
Kamis, 21 Jan 2021 16:56 WIB
Jakarta -

Parkir khusus sepeda di stasiun-stasiun kereta rangkaian listrik (KRL) di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) dituntut sejumlah pesepeda. Pengendara merasa tak difasilitasi parkir sepeda oleh stasiun.

Febi Yonesta membuat petisi di change.org soal penyediaan parkir sepeda di stasiun-stasiun. Petisi dengan judul 'PT KAI Harus Menyediakan Lokasi Parkir Khusus Sepeda Bebas Biaya di Setiap Stasiun Kereta' sampai dengan Kamis (21/1/2020) pukul 15.25 WIB, sudah mendapat dukungan atau ditandatangani oleh sebanyak 1.256 netizen.

"Sudah saatnya PT KAI sebagai badan usaha milik negara, menyediakan lokasi parkir khusus sepeda bebas biaya di setiap stasiun kereta, sebagai insentif dan dorongan bagi para komuter untuk lebih menggunakan sepeda dibandingkan menggunakan kendaraan bermotor pribadinya. Demi mengurangi kemacetan dan polusi udara," tulisnya dalam petisi tersebut.

Saat dihubungi, Febi yang terbiasa menggunakan sepeda dari Stasiun Cilebut Bogor, merasa kesulitan mencari parkir sepeda. Akhirnya dia memutuskan untuk membuat petisi itu tahun 2019.

"Sayang stasiun tidak ada alokasi tempat khusus sepeda. Semua (tempat) untuk motor dan mobil. Saya bingung mau ditaro di mana sepeda saya," katanya saat dihubungi.

detikcom sempat menyambangi beberapa stasiun untuk mengecek keberadaan parkir sepeda. Tak semua stasiun memiliki fasilitas parkir sepeda, meski ada pesepeda yang memarkirkan kendaraannya.

Salah satu stasiun yag memiliki tempat parkir adalah Stasiun Pasar Minggu. Saat dikunjungi pada Rabu (20/1) pukul 08.12 WIB, tempat parkir sepeda itu terletak di area parkir bagian belakang stasiun.

Tempat khusus parkir sepeda tersebut bisa memuat lima slot sepeda. Kondisi tempat parkir sepeda masih terawat.

Parkir sepeda di Stasiun Pasar Minggu, Rabu (20/1).Parkir sepeda di Stasiun Pasar Minggu, Rabu (20/1). (Taufieq Renaldi Arfiansya/detikcom)

Saat itu, terdapat satu sepeda yang terparkir. Sepeda tersebut digembok ke besi tempat parkir sepeda. Di besi tersebut juga tertulis segala bentuk kehilangan dan kerusakan bukan tanggung jawab pengelola parkir.

Lain halnya di Stasiun Tebet, tak ada tempat khusus sepeda di Stasiun Tebet saat detikcom mengunjungi pada Rabu (20/1) pukul 10.58 WIB. Namun, ada dua sepeda yang terparkir di sana.

Sepeda tersebut diparkir degan bersandar di pagar stasiun. Sepeda diikat oleh rantai ke bagian pagar stasiun.

Tak ada tempat parkir sepeda di Stasiun Tebet, Rabu (20/1). Sepeda harus diikat dengan pagar stasiun.Tak ada tempat parkir sepeda di Stasiun Tebet, Rabu (20/1). Sepeda harus diikat dengan pagar stasiun. (Taufieq Renaldi Arfiansya/detikcom)

Selanjutnya
Halaman
1 2