Komisi II Akan Uji Kelayakan 18 Calon Anggota Ombudsman, Ini Daftar Namanya

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Kamis, 21 Jan 2021 14:17 WIB
Pimpinan dan anggota Komisi II konferensi pers soal fit and proper test calon anggota Ombudsman.
Pimpinan dan anggota Komisi II menggelar konferensi pers soal fit and proper test calon anggota Ombudsman. (Rolando/detikcom)
Jakarta - Komisi II DPR akan menggelar fit and proper test atau uji kepatutan terhadap 18 calon anggota Ombudsman RI. Uji kepatutan rencananya digelar pada pekan depan.

"Bahwa pada 2 Desember yang lalu Presiden sudah mengirim surat ke DPR ada 18 nama yang sudah dilakukan proses seleksi oleh panitia seleksi yang dibentuk pemerintah, sudah dilakukan proses di pimpinan DPR dan tanggal Januari kemarin Badan Musyawarah DPR sudah memutuskan menyerahkan fit and proper test ini kepada Komisi II. Barusan kami sudah melakukan rapat internal dan menyusun agenda terhadap waktu fit and proper test dari 18 calon anggota Ombudsman RI," kata Ketua Komisi II Ahmad Doli Kurnia di kompleks gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (21/1/2021).

Komisi II menerima masukan dari masyarakat terkait uji kepatutan 18 calon anggota Ombudsman. Secara formal, Komisi II akan menerima masukan dari YLKI hingga pemerhati pelayanan publik.

"Dan pada hari Selasa dan Rabu 26-27 Januari, selama dua hari kami akan melakukan fit and proper test terhadap 18 nama ini kami sudah menerima dokumen dari pemerintah daftar riwayat hidup lengkap dan makalah berisi visi-misi 18 nama ini sampaikan ke panitia seleksi dan ini akan. Kita dengarkan juga penjelasan tanggal 26-27 Januari," ujar Doli.

Setelah uji kepatutan, Komisi II akan menyaring menjadi 9 anggota Ombudsman. Sembilan nama itu kemudian akan disepakati oleh Komisi II.

"Rencananya setelah ini kami rapat internal kembali tanggal 28 untuk memutuskan mekanisme penetapan 18 nama ini jadi 9 nama. Yang insyaallah hari Kamis bisa kita sepakati mungkin tanggal 29 hari Senin kita bisa menetapkan 9 nama anggota Ombudsman RI yang baru," imbuhnya.

Berikut 18 nama calon anggota Ombudsman RI:

1. Andri Gunawan Sumianto
2. Bobby Hamzar Rafinus
3. Dadan Suparjo Suharmawijaya
4. Hani Hasjim
5. Heru Setiawan
6. Hery Susanto
7. Indraza Marzuki Rais
8. James Modouw
9. Jemsly Hutabarat
10. Johanes Widijantoro
11. Mokh Najih
12. Muhammad Joni Yulianto
13. Noorhalis Majid
14. Ratmito
15. Robertus Na Endi Jaweng
16. Roby Arya Brata
17. Ucu
18. Yeka Hendra Fatika (rfs/zak)