NasDem Yakin Pam Swakarsa Bukan untuk Bungkam Pihak Kontrapemerintah

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Kamis, 21 Jan 2021 13:11 WIB
Ahmad Ali (Dok. Pribadi).
Ahmad Ali (Foto: dok. pribadi)
Jakarta -

Peningkatan peran Pam Swakarsa menjadi salah satu program Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai calon Kapolri. NasDem menilai makna Pam Swakarsa berbeda dengan konteks Pam Swakarsa pada masa lalu.

"Iya, pasti berbeda. Kalau ini kan oleh kepolisian untuk kepentingan pengamanan lingkungannya sendiri. Jadi bukan Pam Swakarsa yang dalam artian seperti dulu," ujar Waketum NasDem Ahmad Ali saat dihubungi, Kamis (21/1/2021).

Anggota Komisi III DPR RI itu memahami apabila ada sebagian masyarakat yang trauma terhadap istilah Pam Swakarsa. Namun ia yakin Pam Swakarsa saat ini tidak ditujukan untuk membungkam orang yang berseberangan dengan pemerintah.

"Tapi di sisi lain kita pahami ketika ada traumatik masyarakat ketika Pam Swakarsa hidup kembali, maka yang ada di pikiran masyarakat adalah kelompok orang yang diorganisir untuk melakukan menjadi alat kekuasaan untuk membungkam orang yang berseberangan dengan pemerintah, bukan dalam konteks itu," jelas Ali.

Komjen Listyo Sigit Prabowo menjalani uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon Kapolri di Komisi III DPR, Rabu (20/1/2021).Komjen Listyo Sigit Prabowo menjalani uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon Kapolri di Komisi III DPR, Rabu (20/1/2021). (Rengga Sancaya/detikcom)

Menurut Ali, Pam Swakarsa yang dimaksud Komjen Listyo Sigit lebih menekankan dalam aspek pengamanan lingkungan. Ia yakin Komjen Listyo Sigit tidak akan menggunakan Pam Swakarsa untuk mengorganisir hal yang bertentangan dengan hukum di Tanah Air.

"Tapi ini lebih dalam konteks menjaga lingkungannya dan melibatkan masyarakat dalam pengamanan permasalahan di lingkungannya. Saya pikir itu," ujarnya.

"Saya percaya Pak Sigit ataupun kepolisian ini lebih pada bukan untuk mengorganisir hal-hal yang bertentangan hukum," sambungnya.

Diketahui, Kapolri Jenderal Idham Azis pada September 2020 mengeluarkan aturan mengenai Pam Swakarsa. Calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo juga memasukkan 'peningkatan peran Pam Swakarsa' dalam salah satu program prioritasnya.

Komjen Listyo Sigit menyebut Pam Swakarsa perlu diaktifkan, maka dihidupkan kembali. Pam Swakarsa, kata Komjen Listyo Sigit Prabowo, dihidupkan kembali tersambung dengan teknologi informasi.

"Ke depan, tentunya Pam Swakarsa perlu diperanaktifkan dalam mewujudkan harkamtibmas, jadi kita hidupkan kembali dan tentunya kita integrasikan dengan perkembangan teknologi dan informasi fasilitas-fasilitas yang ada di Polri," kata Komjen Listyo Sigit Prabowo saat fit and proper test di Komisi III, kompleks gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (20/1/2021).

"Sehingga kemudian bagaimana Pam Swakarsa ini bisa tersambung atau ter-connect dengan petugas-petugas kepolisian," imbuhnya.

Simak juga video 'Komjen Listyo Ingin Benahi Pelayanan Polri yang Arogan dan Kasar':

[Gambas:Video 20detik]



(hel/imk)