TPU Srengseng Sawah Khusus Jenazah Corona Hampir Penuh, Lahan Baru Disiapkan

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Kamis, 21 Jan 2021 12:59 WIB
TPU Srengseng Sawah di Jagakarsa, Jakarta Selatan, kini dipakai untuk pemakaman jenazah pasien COVID-19. Hal ini menyusul makam di dua TPU Pondok Ranggon dan TPU Tegal Alur untuk COVID-19 di blok muslim dinyatakan penuh.
TPU Srengseng Sawah / Foto: DEDYISTANTO
Jakarta - TPU Srengseng Sawah di Jagakarsa, Jakarta Selatan yang dipakai untuk pemakaman pasien COVID-19 hampir penuh. Pemerintah daerah mempersiapkan lahan pemakaman tambahan di wilayah Jaksel.

"Ya untuk TPU Srengseng Sawah (sudah penuh) besuk Jumat kita akan mulai siapkan yg di Jl. Srengseng sawah Raya," kata Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jaksel, Winarto saat dihubungi, Kamis (21/1/2021).

Winarto menjelaskan lahan tambahan ini berlokasi di Jalan Srengseng Sawah Raya, Jakarta Selatan. Namun ia enggan merinci luas lahan pemakaman tambahan yang akan digunakan lantaran pengukuran dilakukan oleh Dinas Pertamanan DKI Jakarta.

"Di Jalan Srengseng Sawah Raya bukan di TPU Srengseng Sawah," jelasnya.

"Untuk lahan yang di Jalan Srengseng Sawah Raya perencanaanya ada pada Kepala Bidang pemakaman Dinas Pertamanan Provinsi DKI Jakarta karena ini menyangkut data seperti luas berapa, menampung berapa makam, terus kira-kira cukup untuk berapa bulan. Ini datanya ada di Pusdatin Dinas," sambungnya.

Lahan tambahan ini ditargetkan bisa digunakan pada Sabtu (23/1/2021) mendatang. Nantinya, Pengiriman jenazah ke lokasi ini tetap diatur oleh Pemprov DKI Jakarta.

"Rencana hari Sabtu kita pergunakan, kalau sudah ada pengiriman Jenazah dari Dinas. Untuk angkutan jenazah Covid itu dikirim ke TPU di DKI Jakarta diatur oleh satu pintu yaitu bidang pemakaman dinas (Pertamanan)," terangnya.

Dihubungi terpisah, ASN Seksi Jalur Hijau dan Pemakaman Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Selatan, Aryanto memaparkan kapasitas TPU Srengseng Sawah semakin menipis. Hingga Kamis (21/1) ini, sebanyak 75 liang kubur tersisa di TPU Srengseng Sawah.

"Yang tersisa petak makam 79, tapi pagi (ini) kurang lebih jam setengah 10 masuk 4 jenazah. Itu tinggal dikurangi berarti 75. kalau udah masuk lagi bisa jadi berkurang lagi sisanya," ucap Aryanto saat dihubungi, Kamis (21/1/2021).

Sejak 9 hari digunakan untuk pemakaman COVID-19, TPU Srengseng Sawah menerima 483 jenazah. Sedangkan, lanjut Aryanto, kapasitas blok COVID-19 di TPU ini sekitar 560 liang kubur.

"Ini kita di TPU Srengseng sawah hanya muslim saja dari hari Selasa per 12 Januari 2021 sampai Rabu 20 Januari 2021 selama 9 hari, belum hari ini ya, itu totalnya semalem 481 tambah tumpang 2 berarti 483," imbuhnya.

Diketahui, TPU Srengseng Sawah di Jagakarsa, Jakarta Selatan, kini dipakai untuk pemakaman jenazah pasien COVID-19. Hal ini menyusul makam di dua TPU Pondok Ranggon dan TPU Tegal Alur untuk COVID-19 di blok muslim dinyatakan penuh.

"Ya (gunakan TPU Srengseng Sawah), sejak Selasa kemarin. (Tetapi) Masih menerima pemakaman umum juga," kata Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Selatan, Winarto, saat dihubungi, Rabu (13/1)

Simak video 'TPU Khusus Covid di DKI Hampir Penuh, Riza Patria: Jangan Khawatir!':

[Gambas:Video 20detik]



(imk/imk)