detikcom Do Your Magic

Spanduk Dilarang Nyampah di Flyover Ciputat Dipasang, Denda Rp 50 Juta!

Taufieq Renaldi Arfiansya - detikNews
Kamis, 21 Jan 2021 12:09 WIB
Tangerang Selatan -

Spanduk larangan membuang sampah di sekitar flyover Ciputat, Tangerang Selatan, telah dipasang. Spanduk tersebut berisi peringatan denda sampai Rp 50 juta.

Spanduk tersebut dipasang pada Kamis (21/1/2020) pagi. Spanduk dipasang di beberapa titik rawan jadi lokasi pembuangan sampah, khususnya di bawah flyover Jl Dewi Sartika.

"Spanduk ditempel hari ini," kata Ketua RW 01, Cipayung, Romli, saat dihubungi, Kamis (21/1/2020).

Spanduk tersebut berwarna merah dan kuning yang mencolok. Terdapat logo dan tulisan Pemerintah Kota Tangerang Selatan.

Pada spanduk tersebut, tertulis peringatan "Dilarang Buang Sampah di Sekitar Sini".

Kemudian terdapat aturan soal larangan buang sampah di Tangsel sesuai dengan Perda Nomor 13 Tahun 2019. Disebut, pelanggar bisa didenda sampai Rp 50 juta.

"Bagi pelanggar diancam sanksi denda Rp 500.000 dan pidana kurungan paling lama 3 bulan / dan paling tinggi Rp 50.000.000 (sanksi untuk yang mengulangi perbuatan yang sama)," tulis spanduk tersebut.

Romli bercerita, kondisi saat ini lebih baik dari beberapa waktu lalu. Sudah ada kesadaran dari warga sekitar untuk tidak membuang sampah di bawah flyover.

"Alhamdulillah sekarang warga sudah tahu peraturan, di bawah flyover kondisinya sudah ada perubahan," ucap Romli.

"Alhamdulillah sudah kondusif (dari sampah)," katanya.

Seperti diketahui, masalah sampah di flyover Ciputat belum terselesaikan. Romli menyebut pembuang sampah di flyover bukanlah warga sekitar.

"Jadi nanti siapa yang buang (di flyover)? Itu bukan warga kami sebetulnya, yang buang dari mana-mana. Makanya jangan sampai salah paham nih, yang membuang sampah itu bukan dari asli orang kita, kebanyakan itu dari luar kalau di depan," ucap Romli saat ditemui di kediamannya, Senin (18/1).

Spanduk dilarang membuang sampah dipasang di flyover Ciputat, Tangerang Selatan, Kamis (21/1).Spanduk dilarang membuang sampah dipasang di flyover Ciputat, Tangerang Selatan, Kamis (21/1). (Foto: dok. Istimewa)

Bagi Anda yang menemukan masalah perkotaan, silakan kabarkan ke detikcom Do Your Magic lewat pasangmata.detik.com. Caranya, login menggunakan detikID. Bila Anda belum punya detikID, silakan bikin dulu. Caranya mudah, daftar saja di bagian pojok kanan atas detikcom. Anda juga bisa kirim info ke pasangmata.detik.com menggunakan email dan nomor.

(aik/dnu)