Warga Kaltim Kini Bisa Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Lewat Tokopedia

Nurcholis Maarif - detikNews
Kamis, 21 Jan 2021 11:28 WIB
Tokopedia e-samsat
Tokopedia E-Samsat (Foto: Tokopedia)
Jakarta -

Tokopedia berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) meluncurkan layanan Tokopedia E-Samsat. Lewat layanan ini masyarakat Kaltim kini dapat membayar pajak kendaraan bermotor secara lebih mudah dan tanpa harus ke luar rumah.

Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor mengapresiasi langkah Tokopedia yang menghadirkan inovasi teknologi demi mempermudah kehidupan masyarakat di tengah pandemi.

"Kami mengapresiasi langkah Tokopedia yang terus menghadirkan inovasi teknologi demi mempermudah kehidupan masyarakat terutama di tengah pandemi. Kini masyarakat dapat memanfaatkan Tokopedia untuk membayar kewajiban seperti pajak kendaraan bermotor langsung dari genggaman tangan," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (21/1/2021).

Sementara itu, Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah, Tokopedia, Astri Wahyuni mengungkapkan Tokopedia berkomitmen untuk #SelaluAdaSelaluBisa melalui kolaborasi dengan mitra strategis dalam hal ini Pemprov Kaltim. Ini demi mempermudah masyarakat dalam memenuhi kebutuhan harian termasuk membayar pajak kendaraan bermotor.

"Sebagai perusahaan teknologi buatan Indonesia pertama yang berkolaborasi dengan Pemprov Kaltim dalam mengembangkan layanan E-Samsat ini, Tokopedia berharap dapat sekaligus berkontribusi meningkatkan penerimaan daerah, khususnya di tengah pandemi saat ini," ujar Astri.

Melalui Tokopedia E-Samsat, pengguna dapat memotong dua jalur antrean, yaitu proses registrasi kelengkapan dokumen dan pembayaran. Proses layanan pembayaran pajak kendaraan menjadi lebih cepat karena kedua proses tersebut bisa dilakukan dalam hitungan menit dari mana pun melalui Tokopedia.

Caranya, cukup dengan mengetik E-Samsat di kolom pencarian, kemudian pilih Samsat Kaltim dan masukkan Nomor Polisi kendaraan, selanjutnya klik 'Cek Tagihan' dan pilih metode pembayaran yang diinginkan. Tokopedia menyediakan 50 opsi pembayaran yang dapat dipilih, termasuk pembayaran secara cicilan.

Selain itu, tidak adanya batas nominal transaksi tunggal sehingga berapa pun besar nilai pajak tetap bisa dibayarkan. Sebelumnya, Tokopedia juga telah menghadirkan layanan E-Samsat online di beberapa wilayah di Indonesia termasuk Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, dan Kepulauan Riau.

Astri menilai layanan ini telah berkontribusi signifikan bagi masyarakat Indonesia. Hal ini terlihat dari jumlah transaksi E-Samsat secara keseluruhan yang melonjak lebih dari 3 kali lipat selama kuartal ketiga 2020 jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Ke depannya, Tokopedia berharap layanan E-Samsat ini segera dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia. Informasi selengkapnya bisa didapatkan melalui https://www.tokopedia.com/pajak/samsat/

(ncm/ega)