KPU Makassar Tetapkan Danny-Fatma Pemenang Pilwalkot 23 Januari

Muhammad Taufiqqurrahman - detikNews
Kamis, 21 Jan 2021 11:02 WIB
Paslon Danny-Fatma di Debat Pilwalkot Makassar (dok. Istimewa).
Foto: Paslon Danny-Fatma di Debat Pilwalkot Makassar (dok. Istimewa).
Makassar -

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar akan menetapkan pasangan Ramdhan 'Danny' Pomanto-Fatmawati Rusdi sebagai pemenang Pilwalkot Makassar 2020 pada 23 Januari 2021 mendatang. Penetapan Danny-Fatma dilakukan setelah tidak ada paslon lain yang melakukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

"Penetapan pasangan calon terpilih Insya Allah akan digelar hari Sabtu tanggal 23 Januari 2021," kata Komisioner KPU Makassar Gunawan Mashar kepada wartawan, Kamis (21/1/2021).

Gunawan mengungkapkan, KPU sebelumnya telah menerima surat dari MK terkait perkara sengketa Pilkada 2020 yang terigistrasi di MK. Tidak ada paslon Pilwalkot Makassar yang melakukan gugatan ke MK.

Selanjutnya, KPU Makassar akan menyebar undangan penetapan Danny-Fatma sebagai pemenang Pilwalkot Makassar.

"Yang diundang dalam penetapan adalah semua paslon, dan juga perwakilan partai pengusul. Juga akan mengundang Bawaslu dan Forkopimda," kata dia.

"Pelaksanaan penetapan akan digelar dengan pelaksanaan protokoler kesehatan. Yang bisa memasuki area hanya yang disyaratkan oleh regulasi," lanjutnya.

Tapi, KPU hingga kini belum menetapkan lokasi penetapan Danny-Fatma sebagai pemenang Pilwalkot. KPU masih akan melakukan rapat penentuan lokasi penetapan terlebih dahulu.

"Nanti saya infokan lagi tempatnya, karena msh di fix kan dulu," kata dia.

(tfq/nvl)