DPR Gelar Paripurna Penetapan Komjen Listyo Sigit Jadi Kapolri Besok

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Rabu, 20 Jan 2021 22:22 WIB
Komjen Listyo Sigit Prabowo mengikuti fit and proper test calon Kapolri di Komisi III DPR
Komjen Listyo Sigit Prabowo (dok. DPR)
Jakarta -

Komisi III DPR RI telah melaksanakan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) terhadap calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo. Hasil fit and proper test terhadap Komjen Sigit akan dibacakan dalam rapat paripurna DPR yang akan digelar besok.

"Iya benar (besok rapat paripurna)," kata Sekjen DPR RI Indra Iskandar saat dimintai konfirmasi, Rabu (21/1/2021).

Dalam rapat paripurna besok, DPR akan langsung mengambil keputusan apakah menerima atau tidak Komjen Sigit menjadi Kapolri. Berdasarkan undangan rapat yang dilihat detikcom, rapat tersebut akan digelar di Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara II DPR, Jakarta.

Berdasarkan jadwal, rapat akan dimulai pukul 14.00 WIB. Rapat didahului pelantikan anggota dewan antarwaktu.

Seperti diketahui, seluruh fraksi di Komisi III DPR menyetujui Komjen Listyo Sigit Prabowo menjadi Kapolri. Tidak ada fraksi yang menolak.

Dalam rapat pandangan mini-fraksi di Komisi III ini, hadir Komjen Listyo Sigit Prabowo yang didampingi sejumlah jenderal dari berbagai angkatan. Saat membacakan persetujuan, sejumlah fraksi juga memberikan catatan kepada Komjen Listyo Sigit Prabowo.

Ketua Komisi III Herman Hery kemudian membacakan keputusan rapat. Komjen Listyo Sigit Prabowo disetujui Kapolri.

"Berdasarkan pandangan dan catatan fraksi, pimpinan dan anggota Komisi III secara mufakat menyetujui pemberhentian dengan hormat dari jabatan Kapolri atas nama Jenderal Idham Azis dan menyetujui pengangkatan Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri. Selanjutnya, ditetapkan dalam rapat paripurna terdekat dan akan diproses sesuai peraturan perundang-undangan," kata Herman.

(rfs/zak)