Top 5 News

Kemunculan Perdana Jack Ma, Komjen Listyo Disetujui Jadi Kapolri

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Rabu, 20 Jan 2021 21:45 WIB
Top 5 News Januari 2021
Foto: detikcom
Jakarta -

Komisi III DPR RI menyetujui Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri untuk menggantikan Jenderal (Pol) Idham Azis. Persetujuan tersebut ditetapkan seusai Listyo Sigit menjalani uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test.

Sementara itu, Pendiri Alibaba Jack Ma akhirnya muncul kembali ke publik setelah sekian lama tidak ada kabar. Kemunculan Jack Ma diketahui terlihat melalui video di media sosial China.

Selain dua berita tersebut, ada juga berita menarik lainnya yang banyak dibaca oleh detikers. Berikut Top 5 News edisi Rabu (20/1/2021).

1. Komisi III Setujui Komjen Listyo Jadi Kapolri

Komisi III DPR RI menyetujui Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri. Bahkan, sembilan fraksi di DPR menyatakan setuju Komjen Listyo Sigit Prabowo menjadi Kapolri. Fraksi tersebut di antaranya, PDIP, Golkar, Gerindra, NasDem, PKB, Demokrat, PKS, PAN hingga PPP.

Selanjutnya, Komisi III akan mengirim surat ke pimpinan DPR untuk membawa keputusan terkait Komjen Listyo Sigit Prabowo ke rapat paripurna DPR.

Artikel Selengkapnya: Komisi III Setuju Komjen Sigit Jadi Kapolri

2. Jack Ma Akhirnya Muncul ke Publik

Jack Ma akhirnya muncul kembali setelah hampir 3 bulan menghilang dari publik secara misterius. Sang pendiri Alibaba tersebut muncul secara virtual di acara tahunan Pedesaan Pengajar Inisiatif. Kemunculan Ma ke publik mempengaruhi perusahaannya. Saham Alibaba yang terdaftar di Hong Kong naik 5%.

Sebagaimana diketahui, hilangnya Jack Ma diduga setelah memberikan kritik terhadap regulator keuangan China pada Oktober 2020. Sejak komentar itu, ia tidak terlihat sehingga menimbulkan spekulasi bahwa dia hilang.

Artikel Selengkapnya: Dikabarkan Hilang, Jack Ma Akhirnya Muncul

3. Viral Tanda SOS di Pulau Laki

Polisi bersama Tim Basarnas turun tangan mengecek soal viral tanda 'SOS' di Pulau Laki, Kepulauan Seribu yang muncul di aplikasi Google Maps. Terkait hal itu, pihak Polres Kepulauan Seribu memastikan jika Pulau Laki merupakan salah satu tempat yang disisir sejak awal.

Bahkan, Basarnas sempat bersandar di Pulau Laki tersebut. Kapolres Kepulauan Seribu AKBP Eko Wahyu Ferdian mengatakan, pihaknya tidak menemukan adanya tanda-tanda korban selamat Sriwijaya Air SJ182 di Pulau Laki tersebut.

Artikel Selengkapnya: Kata Polisi Soal Viral Tanda SOS

4. Lumpur Sisa Banjir Bandang Gunung Mas Mulai Dibersihkan

Tim gabungan TNI, Polri, dan relawan mulai melakukan evakuasi material banjir bandang yang memenuhi rumah dan akses warga di Kampung Gunung Mas, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor. Evakuasi material banjir bandang dilakukan secara manual dan menurunkan alat berat.

Tim gabungan juga membersihkan lumpur yang menggenang di jalan dan akses warga secara manual menggunakan cangkul dan alat lainnya. Sementara alat berat menyingkirkan dan mengevakuasi batu-batu besar dan batang pohon yang melintang di pinggir Sungai Cisampay. Evakuasi dilakukan agar aliran air Sungai Cisampay tidak tersumbat.

Artikel Selengkapnya: Tim Gabungan Evakuasi Lumpur Batu

5. Pedagang Daging Sapi Mogok

Pedagang daging sapi mengaku rugi akibat mogok jualan yang berlangsung selama 3 hari ke depan mulai hari ini. Mereka melakukan aksi mogok tersebut karena terpaksa.

Para pedagang menginginkan pemerintah menstabilkan harga daging sapi di sisi hulu. Sebab, dengan harga yang saat ini tinggi, pedagang kesulitan menjualnya ke konsumen.

Artikel Selengkapnya: Ini Alasan Pedagang Sapi Mogok

[Gambas:Video 20detik]

(ega/ega)