Arahan Jokowi soal Penerbangan dari Lokasi Sriwijaya Air Dievakuasi

ADVERTISEMENT

Round Up

Arahan Jokowi soal Penerbangan dari Lokasi Sriwijaya Air Dievakuasi

Hestiana Dharmastuti - detikNews
Rabu, 20 Jan 2021 21:31 WIB
Presiden Joko Widodo (kiri) berbincang dengan sejumlah ahli waris dari korban kecelakaan pesawat Sriwijaya Air PK-CLC nomor penerbangan SJ 182 rute Jakarta-Pontianak di Posko Darurat Evakuasi di Dermaga JICT II, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (20/1/2021). ANTARA FOTO/Setpres/Laily Rachev/Handout/wsj.
Foto: Antara Foto/Setpres/Laily Rachev


Jokowi Minta Jasa Raharja dan Sriwijaya Air Segera Selesaikan Santunan

Jokowi menyampaikan dukacita yang mendalam kepada keluarga korban. Dia meminta Jasa Raharja dan Sriwijaya Air segera menyelesaikan persoalan santunan kepada korban.

Jokowi menyaksikan proses pemberian santunan kepada korban Sriwijaya Air yang diterima oleh pihak keluarga korban. Rinciannya adalah Rp 50 juta dari Jasa Raharja dan Rp 1,25 miliar dari Sriwijaya Air.

"Tadi baru saja kita saksikan penyerahan santunan, baik dari Jasa Raharja sebesar Rp 50 juta per penumpang, santunan dari Sriwijaya sebesar Rp 1,25 miliar. Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih atas santunan ini, dan segera diselesaikan untuk keseluruhan korban dan penumpang. Saya juga ingin menyampaikan dukacita yang mendalam kepada keluarga. Semoga diberikan keikhlasan dan kesabaran," papar Jokowi.


Jokowi Minta Pemeriksaan Pesawat yang Hendak Terbang Ditingkatkan

Berkaca dari kasus jatuhnya Sriwijaya Air SJ182, Jokowi menekankan keselamatan penumpang adalah yang utama. Jokowi meminta pemeriksaan pesawat yang hendak terbang ditingkatkan.

"Saya ingin agar di bidang transportasi, keselamatan adalah yang utama. Oleh sebab itu, saya minta segera ditindaklanjuti, baik oleh KNKT atau (Kementerian) Perhubungan, terutama pemeriksaan dan pengawasan terhadap pesawat-pesawat yang akan terbang demi keselamatan masyarakat, demi keselamatan penumpang," ujar Jokowi.

Kecelakaan Sriwijaya Air SJ182 terjadi pada 9 Januari 2021, tidak lama setelah pesawat lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Pontianak, Kalimantan Barat. Proses evakuasi saat ini masih terus dilakukan.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT