Baca Konsep Polri Presisi, Komisi III: Tak Ada Alasan Menolak Komjen Sigit

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Rabu, 20 Jan 2021 17:36 WIB
Ketua DPD Gerindra Banten Desmond J Mahesa melantik Ketua DPC Gerindra Cilegon Awab (M Iqbal/detikcom)
Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Desmond J Mahesa (M Iqbal/detikcom)
Jakarta -

Komisi III DPR RI angkat bicara soal anggapan fit and proper test calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo formalitas belaka. Komisi III menilai isi makalah 'Transformasi Menuju Polri yang Presisi: Prediktif-Responsibilitas-Transparansi Berkeadilan' membuat tak ada fraksi yang menolak gagasan Listyo Sigit Prabowo untuk membangun Polri.

"Kalau ini formalitas, memang formalitas, kenapa? Kalau dari pandangan semua fraksi, tidak ada yang permasalahkan," kata Wakil Ketua Komisi III Desmond J Mahesa di kompleks gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (20/1/2021).

Menurut Desmond, tak ada fraksi yang mempermasalahkan makalah konsep kepemimpinan Komjen Listyo Sigit Prabowo, yakni Polri Presisi tersebut sehingga semua fraksi menyetujui Komjen Lisyo Sigit Prabowo menjadi Kapolri.

"Tapi kalau kau baca, makalah presisi, tidak ada alasan apa pun juga bagi fraksi-fraksi di Komisi III untuk menolak. Kenapa? Prediksi, itu kan wajah civilian police, kalau kau paham tentang wajah civilian police, tidak ada masalah," ujarnya.

Memang, ada sejumlah fraksi yang memberikan catatan ke Komjen Listyo Sigit Prabowo namun juga menyetujui menjadi Kapolri. Tapi, kata Desmond, makalah Presisi dari Komjen Listyo Sigit Prabowo dapat menjawab persoalan selama ini.

"Ini adalah persoalan jawaban atas problem-problem terjadi hari ini. Tinggal, bagaimana calon Kapolri yang akan ditetapkan nanti jadi Kapolri, bisa menjalankan secara maksimal," ucap Desmond.

"Jadi fraksi-fraksi sepakat menyetujui dengan catatan-catatan Presisi dijalankan dengan cara benar sesuai dengan apa yang hari ini dipresentasikan," imbuhnya.

Komjen Listyo Sigit Prabowo sebelumnya mengungkap program 100 hari pertama menjadi Kapolri nanti. Komjen Listyo Sigit Prabowo mengatakan akan menuntaskan kasus yang menjadi perhatian publik.

"Seratus hari ke depan tentunya kami sudah menyiapkan program-program yang langsung tentunya bisa kami laksanakan, salah satunya adalah penuntasan kasus-kasus yang menjadi perhatian publik yang saat ini ditunggu-tunggu," kata Komjen Listyo Sigit Prabowo setelah menjalani uji calon Kapolri, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, siang tadi.

Simak video 'Komjen Listyo: Tak Boleh Lagi Hukum Tajam ke Bawah, Tumpul ke Atas!':

[Gambas:Video 20detik]



(rfs/aud)