HUT Ke-74, Ketua BPK Apresiasi Pemeriksaan Laporan Keuangan Tepat Waktu

Jihaan Khoirunnisaa - detikNews
Rabu, 20 Jan 2021 15:32 WIB
Ketua BPK Agung Firman Sampurna
Foto: BPK
Jakarta -

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menggelar upacara bendera dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-74 BPK. Dalam kesempatan tersebut, Ketua BPK Agung Firman Sampurna mengapresiasi jajaran pelaksana BPK atas semangat dan kinerjanya, serta mengapresiasi pelaksanaan pemeriksaan laporan keuangan yang selesai tepat waktu.

"Tahun 2020 menjadi tahun yang penuh tantangan bagi pemeriksa pengelolaan keuangan negara, khususnya karena pandemi COVID-19. Namun, hal tersebut tidak menyurutkan semangat BPK untuk terus melaksanakan tugas utamanya dalam mengawal harta negara," ungkap Agung dalam keterangan tertulis, Selasa (19/1/2021).

Selain itu, Agung juga memberikan apresiasi tinggi terhadap langkah BPK dalam merespons pandemi Corona, yakni dengan memberikan kajian strategis tentang pengelolaan keuangan negara dalam rangka penanganan dan mitigasi risiko pandemi COVID-19. Dikatakannya, kajian strategis tersebut diikuti dengan pelaksanaan pemeriksaan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara oleh BPK.

"Dalam situasi demikian, kita berhasil mengubah tantangan menjadi peluang dengan melakukan inovasi agar BPK stay relevant and visible dalam situasi apapun, termasuk di tengah-tengah situasi krisis nasional dan global yang kita hadapi saat ini,"ucapnya.

Di samping itu, Agung juga mengatakan bahwa BPK akan menyampaikan pendapatnya kepada pemerintah terkait pengelolaan atas penyelenggaraan program jaminan kesehatan sosial serta pengelolaan dana otonomi khusus (otsus) di Provinsi Papua dan Papua Barat. Menurutnya, pendapat BPK ini akan mendorong penguatan aspek strategis dan perbaikan tata kelola program jaminan kesehatan sosial dan otsus.

Melalui peringatan HUT BPK ke-74 ini, Agung pun mengajak seluruh insan BPK untuk meneguhkan nilai-nilai dasar BPK, yakni independensi, integritas, dan profesionalisme, guna menjaga kepercayaan dan kredibilitas BPK di mata masyarakat.

"Mari kita bangun lembaga ini dengan mengambil hal-hal terbaik dan menjadikannya menjadi lebih baik, take the best and make it better, mari kita wujudkan akuntabilitas untuk semua," tutupnya.

Setelah upacara bendera, peringatan HUT ke-74 BPK dilanjutkan dengan kegiatan syukuran di Auditorium BPK, yang menjadi puncak dari seluruh rangkaian kegiatan.

Untuk diketahui, peringatan HUT BPK tahun ini diadakan secara fisik dan virtual dengan mengusung tema 'BPK Tangguh, BPK Tepercaya'. Turut hadir dalam acara tersebut, jajaran pimpinan BPK, pimpinan BPK periode sebelumnya, pensiunan pegawai BPK yang tergabung dalam Persatuan Pasca Karya BPK (Pepaska), para undangan, pejabat struktural dan fungsional di lingkungan BPK Pusat, Badan Pendidikan dan Pelatihan Pemeriksaan Keuangan Negara (Badiklat PKN), BPK Perwakilan, dan seluruh pegawai BPK.

(mul/ega)