Anies Tunjuk Sekda DKI Marullah Matali Jadi Plt Walkot Jaksel

Muhammad Ilman Nafian - detikNews
Rabu, 20 Jan 2021 15:11 WIB
Walkot Jaksel Marullah Matali usai mengecek kesiapan Mal Citos (Wilda Hayatun Nufus/detikcom)
Marullah Matali (Wilda Hayatun Nufus/detikcom)
Jakarta -

Marullah Matali telah resmi dilantik sebagai Sekda DKI Jakarta. Marullah Matali sebelumnya menjabat Wali Kota Jakarta Selatan.

Meski demikian, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tetap mempercayakan jabatan Plt Wali Kota Jakarta Selatan kepada Marullah. Kabar tersebut dibenarkan Wakil Wali Kota Jakarta Selatan Isnawa Adji.

"Iya, benar," ujar Isnawa saat dikonfirmasi, Rabu (20/1/2021).

Penunjukan Marullah Matali sebagai Plt Wali Kota Jakarta Selatan tertuang dalam Surat Perintah Tugas Nomor 20/-082.74. Marullah diminta menjabat Plt Wali Kota Jakarta Selatan sejak 18 Januari hingga 18 April 2021. Surat tersebut ditandatangani Anies pada 19 Januari 2021.

Dalam surat tersebut, Anies memberikan kewenangan penuh tugas dan fungsi kepada Marullah Matali sebagai Wali Kota Jakarta Selatan.

"Diberikan secara penuh tugas dan fungsi Wali Kota Jakarta Selatan. Melaporkan Jakarta Selatan kepada Gubernur dan Wakil Gubernur DKI," tulis surat tersebut.

Diketahui, Marullah Matali dilantik menjadi Sekda DKI pada Senin (18/1). Sebagai Sekda terpilih, Marullah Matali diminta Anies menyelesaikan masalah kesehatan dan ekonomi Ibu Kota yang terkena dampak pandemi Corona (COVID-19).

"Alhamdulillah, dengan amanat baru ini kita mengharapkan seluruh ASN di DKI Jakarta semakin kompak untuk menanggulangi dampak pandemi yang masih belum hilang. Hal ini harus kita tuntaskan agar segala kendala dalam menjalankan visi dan misi Gubernur bisa diminimalisir saat masa COVID-19," ujar Marullah di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (18/1).

(man/knv)