Viral Warga Mamuju Diminta Pindah Tenda Jelang Jokowi Datang, Dandim Bantah

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 19 Jan 2021 22:10 WIB
Lokasi tenda pengungsian yang viral TNI minta warga bongkar tenda (Tim detikcom).
Lokasi tenda pengungsian yang viral TNI minta warga bongkar tenda. (Tim detikcom)

Menurut Kolonel Tri, video viral dan pengakuan warga dipaksa membongkar tenda hanya lah kesalahpahaman. Dalam situasi pascabencana seperti ini, rawan terjadi kesalahpahaman.

"Ya biasalah, dalam situasi panas begitu, sudah capek. Pokoknya begini, kita sampaikan ke mereka bahwa intinya kita siapkan fasilitas itu permanen, dari pemerintah dari kementerian, TNI hanya membantu. Kalau kita dianggap salah, salah apa kita sudah membantu," kata Kolonel Tri.

Tri juga sudah menemui langsung pengungsi yang mengaku dipaksa membongkar tenda tersebut. Pengungsi yang salah paham itu disebut sudah meminta maaf.

"Mereka sudah minta maaf ke saya itu. Jadi saya bilang saya juga korban bencana, istri saya itu mengungsi itu, sama," jelasnya.

"Tapi kan kita masih punya tanggung jawab membantu masyarakat, kalau masyarakat kita nilai tidak baik (di luar) ternyata masyarakat tidak terima ya silahkan saja kalau tidak mau, saya nggak paksa. Tetapi kalau bisa ya ke dalam silakan, fasilitas lebih lengkap lebih nyaman, kan begitu," lanjutnya.

Tri kemudian kembali menegaskan, tidak ada paksaan dari pihaknya yang meminta warga membongkar tenda.

"Nggak ada, nggak ada. Kebetulan kan tendanya baru jadi, jadi baru bisa disuruh masuk. Jadi nggak ada perintah (pengondisian)," tegasnya.

Halaman

(nvl/idh)