Istana Tak Tahu Menko Perekonomian Airlangga Sempat Terpapar COVID-19

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Selasa, 19 Jan 2021 12:17 WIB
Jakarta -

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengaku tidak mengetahui bahwa Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto sempat terpapar virus Corona (COVID-19). Heru mengatakan tidak pernah ada pemberitahuan terkait hal tersebut dari Airlangga.

"Kalau jajaran kami tidak tahu (Airlangga sempat positif COVID-19), mungkin di antara menteri iya. Secara resmi (tidak tahu) bila tidak mengumumkan," kata Heru kepada wartawan, Selasa (19/1/2021).

Heru menjelaskan informasi perihal pernah terpaparnya Airlangga harus disampaikan oleh yang bersangkutan sendiri atau dari juru bicara Kemenko. Istana Kepresidenan, kata dia, tidak bisa mengumumkan status kesehatan seseorang secara sepihak.

"Masalah kesehatan, jadi sangat privacy, maka yang harus umumkan adalah Pak Airlangga," ujar dia.

"Harus Pak Airlangga yang menyampaikannya sendiri bahwa seseorang yang terpapar, kena COVID. Harus dari Pak Airlangga. Harus dari Kemenko, jubirnya yang harus sampaikan ke publik," imbuh Heru.

Diketahuinya Airlangga sempat terpapar COVID-19 saat Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) itu melakukan donor plasma konvalesen. Untuk diketahui, pernah terpapar COVID-19 menjadi syarat untuk menjadi donor plasma konvalesen.

Donor plasma itu dilakukan Airlangga kemarin, Senin (18/1/2021). Ketua Umum Partai Golkar itu pun bersyukur karena bisa menjadi donor plasma. Menurutnya, hal itu dilakukan untuk membantu sesama yang membutuhkan.

"Terima kasih diberikan kesempatan jadi pendonor plasma, donor sudah dipersiapkan beberapa hari lalu di-screen oleh dokter. Alhamdulillah kalau lulus berarti sehat. Dan ini bagian syukur nikmat. Pak JK (Jusuf Kalla) mengatakan bahwa ini bagian syukur nikmat dan ini saya lakukan untuk membantu sesama yang membutuhkan," ujar Airlangga dalam keterangannya, Selasa (19/1/2021).

(mae/bar)