Round-Up

3 Arahan Jokowi Bantu Korban Banjir di Kalimantan Selatan

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 19 Jan 2021 06:00 WIB
Pasca banjir, Presiden Jokowi mengecek Sungai Martapura dari Jembatan Pekauman, Kab Banjar.
Presiden Jokowi di Kalsel (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Tiga arahan disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait penanganan banjir besar yang melanda Kalimantan Selatan (Kalsel). Perbaikan infrastruktur hingga penyaluran bantuan jadi perhatian Jokowi.

Jokowi meninjau lokasi terdampak banjir di Kalsel, Senin (18/1/2021). Titik pertama yang pertama dikunjungi Jokowi yaitu Jembatan Pekauman, Kabupaten Banjar.

Di lokasi tersebut, Jokowi meninjau Sungai Martapura. Jokowi didampingi Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Kepala BNPB Doni Monardo, Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, dan Bupati Banjar Khalilurrahman.

Di sela peninjauan, Jokowi turut menyerahkan sejumlah bantuan sembako, makanan siap saji, dan masker ke beberapa warga di lokasi terdampak banjir Kalsel. Dari foto yang diterima, Jokowi juga membagikan donat dalam kemasan kotak kepada anak-anak di lokasi banjir Kalsel.

Presiden Jokowi meninjau Sungai Martapura di Banjar pasca insiden banjir di Kalsel.Presiden Jokowi meninjau Sungai Martapura di Banjar (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Dalam kunjungan kerja tersebut, Jokowi menyampaikan sejumlah arahan mengenai penanganan banjir. Berikut 3 arahannya.

1. Jembatan Runtuh Akibat Banjir Diperbaiki dalam 4 Hari

Jokowi menyebut sudah lebih dari 50 tahun tidak ada banjir besar di Kalimantan Selatan (Kalsel). Kini air sungai meluap sehingga banjir melanda 10 kabupaten dan kota.

"Hari ini saya meninjau banjir di provinsi Kalimantan Selatan yang terjadi di hampir 10 kabupaten dan kota. Ini adalah sebuah banjir besar yang mungkin sudah lebih dari 50 tahun tidak terjadi di Provinsi Kalimantan Selatan. Curah hujan yang sangat tinggi hampir 10 hari berturut-turut sehingga daya tampung Sungai Barito yang biasanya menampung 230 juta meter kubik sekarang ini masuk air sebesar 2,1 miliar kubik air sehingga memang meluap di 10 kabupaten dan kota," kata Jokowi saat meninjau lokasi terdampak banjir di Kalsel, seperti disiarkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Senin (18/1/2021).

Jokowi pun memerintahkan jajarannya untuk segera memperbaiki jembatan yang runtuh akibat banjir. Perbaikan ditargetkan selesai dalam 4 hari.

"Yang pertama mengenai kerusakan infrastruktur yang memang terjadi. Ada beberapa jembatan yang runtuh seperti yang kita lihat di belakang ini, ini juga salah satu jembatan yang runtuh akibat banjir dan tadi saya sudah minta pak menteri PU agar dalam 3-4 hari ini bisa diselesaikan sehingga mobilitas distribusi barang tidak terganggu," ujar Jokowi.

Selanjutnya
Halaman
1 2