Wagub DKI: Harus Bersiap, Akan Ada Peningkatan Curah Hujan Potensi Banjir

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Senin, 18 Jan 2021 20:22 WIB
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria melakukan sidak di perkantoran dan pusat perbelanjaan Ibu Kota. Sidak dilakukan untuk pastikan aturan PPKM diterapkan.
Foto: Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Rifkianto Nugroho/detikcom).
Jakarta -

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyatakan saat ini Jakarta memasuki musim penghujan. Riza meminta semua bersiap atas potensi banjir di Jakarta.

"Kita juga harus bersiap-siap bahwa di Jakarta ini berdasarkan data ke depan akan ada peningkatan intensitas daripada curah hujan yang berpotensi menyebabkan banjir," kata Ahmad Riza Patria di Balai Kota Provinsi DKI Jakarta, Senin (18/1/2021).

Sejumlah upaya telah dipersiapkan oleh Pemprov DKI Jakarta untuk mengantisipasi terjadinya banjir di Jakarta. Salah satunya, menambah daerah sumur resapan hingga melakukan pengerukan sungai secara rutin.

"Berbagai upaya telah kita lakukan, berbagai program mulai dari pengerukan, sumur resapan, drainase vertikal, sodetan, kemudian waduk, polder, pompa semua program kita laksanakan bahkan anggaran sudah cukup besar yang kita gelontorkan," ujarnya.

Di sisi lain, Politikus Gerindra ini menilai segala upaya ini tak ada artinya apabila masyarakat tidak peduli terhadap lingkungannya. Untuk itu, ia mengimbau kepada warga untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar rumahnya agar mencegah banjir di Jakarta.

"Namun demikian kesadaran masyarakat untuk tetap waspada menjaga kebersihan, jangan buang sampah sembarangan dan lain-lain tetap kita laksanakan dengan baik," ujarnya.

(gbr/gbr)