Bamsoet Ajak Klub Mercy Indonesia Kembangkan Pariwisata Otomotif

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Senin, 18 Jan 2021 21:01 WIB
MPR RI
Foto: dok. MPR RI
Jakarta -

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo yang juga dipercaya menjadi Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) mengajak klub Mercy di Indonesia terlibat dalam mengembangkan wisata otomotif. Menurutnya, hal ini akan berdampak baik pada pengembangan wisata dan ekonomi di Indonesia.

Dia menuturkan di tingkat dunia ajang olahraga seperti kejuaraan Formula 1, motor sport mampu memacu perkembangan sektor pariwisata. Bahkan United Nations World Tourism Organization (UNWTO)/Organisasi Pariwisata Dunia Perserikatan Bangsa-Bangsa memprediksi, pertumbuhan sport tourism rata-rata 6% atau senilai US$ 600 miliar dollar per tahun.

"Menjadikan kontribusi wisata olahraga mencapai 25% dari total penerimaan industri wisata global. Sebagai negara yang memiliki banyak keindahan alam, serta kondisi sosiologis masyarakat yang ramah, Indonesia sepatutnya bisa mengambil banyak keuntungan dari sport tourism," jelas Bamsoet dalam keterangannya, Senin (18/1/2021).

Hal ini ia ungkapkan saat menerima pengurus Mercedes-Benz W203 Club Indonesia, di Ruang Kerja Ketua MPR RI, Jakarta. Para pengurus Mercedes-Benz W203 yang hadir antara lain Dewan Pembina Herry Priono, Presiden Mohamad Faisal, serta para Wakil Presiden antara lain Djafar dan Rachmat Kaesar Dipoyono.

Oleh karena itu, ia menekankan berbagai anggota komunitas IMI harus terlibat dalam tiga hal utama, yakni prestasi, sosial, dan pariwisata. Mengingat salah satu program kerja IMI, bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, adalah memajukan sport automotive tourism di berbagai daerah di Indonesia.

"Sambil melakukan aktivitas seperti touring, anggota komunitas IMI harus turut melakukan aktivitas sosial seperti memberikan bantuan kemanusiaan kepada warga yang daerahnya dilalui rute touring. Serta tak lupa mendokumentasikan kegiatan touring ke berbagai media sosial, sehingga masyarakat bisa mengetahui keindahan alam dan pesona daerah yang dilalui selama touring. Sekaligus bisa membantu pemerintah dan masyarakat dalam mempromosikan pariwisata setempat," paparnya.

Lebih lanjut, Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia ini memaparkan IMI telah memiliki berbagai agenda otomotif internasional di tahun 2021 ini. Di bulan Juli 2021, Indonesia akan menjadi tuan rumah MXGP, yakni tanggal 4 Juli 2021 di kawasan otorita Candi Borobudur, Yogyakarta dan 11 Juli 2021 di Bali.

"Sebelumnya di akhir Februari 2021, Land Rover Club Indonesia akan menjadi tuan rumah Sumatera Tribute 2020, ekspedisi napak tilas memperingati 40 tahun acara Camel Trophy saat dilaksanakan di Pulau Sumatera tahun 1981. Saya akan melepas para peserta yang diperkirakan mencapai 200 orang dari berbagai negara dengan menggunakan 40 mobil Land Rover di Jambi. Sedangkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, akan menerima mereka di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara," pungkas Bamsoet.

(prf/ega)