Rombongan Mobil Presiden Jokowi Sempat Terobos Genangan Tinggi di Kalsel

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Senin, 18 Jan 2021 18:17 WIB
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau lokasi terdampak banjir di Kalimantan Selatan (Kalsel) pada hari ini. Mobil kepresidenan yang ditumpangi Jokowi rupanya sempat menerobos genangan tinggi.

"Iya betul," kata Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, saat dimintai konfirmasi, Senin (18/1/2021).

Heru mengatakan peristiwa itu terjadi saat rombongan mobil kepresidenan melaju dari bandara menuju Jembatan Pekauman. Di lokasi tersebut, Jokowi meninjau Sungai Martapura.

"Dari bandara menuju ke lokasi jembatan di mana air sungai melimpah ke perumahan penduduk sekitarnya," kata Heru.

Penjelasan senada juga disampaikan Deputi bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin. Bey menegaskan mobil yang ditumpangi Jokowi itu tidak terendam.

"Itu benar melewati genangan air tapi tidak terendam. Memang genangan air setinggi itu dan kami tahu ada genangan seperti itu. Jadi tidak masalah dan semua terkendali. Kebetulan mobil yang digunakan tinggi-tinggi, Commuter aja bisa lewat," ujar Bey secara terpisah.

Bey mengatakan hal tersebut tidak menghalangi agenda Jokowi. Bey menegaskan semua terkendali.

"Itu hanya genangan air tinggi dan tidak menghalangi rencana perjalanan presiden. Itu tadi sebelum melihat sungai Martapura. Jadi di wilayah Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar.

Seperti diketahui, Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Kalsel. Titik pertama yang dikunjungi Jokowi yaitu Sungai Martapura.

Dikutip dari keterangan Sekretariat Presiden, Senin (18/1/2021), Jokowi tiba di Jembatan Pekauman, Kabupaten Banjar, pukul 13.30 Wita. Jokowi melihat kondisi Sungai Martapura dan cuaca saat itu diguyur hujan.

Jokowi didampingi Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Kepala BNPB Doni Monardo, Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, dan Bupati Banjar Khalilurrahman. Jokowi berbincang-bincang dengan mereka saat meninjau Sungai Martapura.

Selanjutnya
Halaman
1 2