Beasiswa LPDP: Jenis, Keunggulan, dan Persyaratannya

Tim detikcom - detikNews
Senin, 18 Jan 2021 16:04 WIB
Ini yang Baru dari Pendaftaran Beasiswa LPDP 2018
Ilustrasi Beasiswa LPDP: Jenis, Keunggulan, dan Persyaratannya (istimewa)
Jakarta -

Kuliah sangat identik dengan biaya yang sangat mahal oleh karena itu banyak sekali masyarakat kita yang sering kali tidak meneruskan kuliah hanya karena keterbatasan biaya. Namun, untuk detikers yang berprestasi tinggi dapat mengikuti program beasiswa LPDP S1 dan S2 yang sangat terkenal dan terkemuka.

Beasiswa LPDP atau Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan adalah program beasiswa yang dibiayai oleh pemerintah dengan memanfaatkan dana pengembangan pendidikan nasional atau DPPN.

Visi misi dari LPDP ini sendiri adalah menyiapkan pemimpin masa depan di Indonesia oleh karena itu persyaratannya juga sangat ketat. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa penjelasan di bawah ini mengenai beasiswa LPDP:

Jenis-jenis Program Beasiswa LPDP

Program beasiswa ini menyediakan beberapa beasiswa yang bisa detikers ikuti seperti berikut ini:

1. Magister atau Doktor


Beasiswa ini diberikan kepada para detikers yang ingin lanjut ke program Magister atau program Doktoral di dalam maupun di luar negeri.

2. Beasiswa Tesis dan Disertasi


Beasiswa yang satu ini diberikan kepada para mahasiswa Magister dan juga Doktor yang tidak memiliki biaya untuk menyelesaikan tesis atau disertasi yang dilaksanakan baik di dalam maupun di luar negeri.

3. Beasiswa Afirmasi

Beasiswa Afirmasi diberikan kepada putra-putri terbaik bangsa yang berasal dari golongan ekonomi yang rendah untuk bisa mengikuti program studi magister dan doktoral untuk beberapa bidang keilmuan di dalam maupun di luar negeri.

3. Beasiswa Pendidikan Dokter Spesialis

Beasiswa ini diberikan kepada para dokter untuk melanjutkan pendidikan spesialis di perguruan tinggi dalam negeri.

4. Presidential Scholarship

Sedangkan untuk beasiswa presidential scholarship merupakan salah satu jenis beasiswa yang diberikan kepada semua masyarakat Indonesia yang bekerja sama dengan pihak kepresidenan RI untuk menyiapkan generasi terbaik di Indonesia untuk belajar ke perguruan tinggi terbaik di dunia .

Keunggulan Beasiswa LPDP

Keunggulan dari beasiswa LPDP ini dibandingkan dengan beasiswa yang lainnya adalah pendaftarannya dibuka sepanjang tahun walaupun terbagi dalam beberapa periode. Periode pertama pada bulan Oktober tahun sebelumnya sampai Januari tahun berikutnya. Periode kedua adalah Januari sampai April, periode ketiga mulai April sampai Juli, dan periode empat dari Juli sampai Oktober.

Jadi, detikers tidak perlu khawatir akan ketinggalan informasi atau pendaftaran beasiswa ini. Jika terlambat mengikuti pendaftaran periode satu maka untuk masuk ke pendaftaran periode dua sudah terbuka.

Persyaratan Umum Mengikuti Pendaftaran Beasiswa LPDP

Untuk mendaftar harus memenuhi syarat beasiswa LPDP. Ada syarat umum dan yang khusus. Di bawah ini akan kita bahas mengenai persyaratan umumnya yaitu:

1. Harus warga negara Indonesia dengan bukti KTP

2. Mahasiswa yang mengikuti harus lulusan dari Perguruan Tinggi dalam Negeri dengan akreditasi BAN-PT, Perguruan Tinggi kedinasan yang diakui, serta perguruan tinggi luar negeri dengan kategori baik.

3. Punya jiwa kepemimpinan dengan bukti pengalaman memimpin suatu organisasi.

4. Aktif dalam kegiatan masyarakat yang bisa dibuktikan

5. Menyetujui surat pernyataan tidak pernah melanggar hukum, tidak pernah terlibat tindak pelanggaran kode etik, siap mengabdi pada kepentingan bangsa, dan tidak menerima beasiswa yang lain.

6. Mendapatkan surat tugas belajar untuk yang sudah bekerja

7. Memiliki surat keterangan dari tokoh masyarakat untuk yang belum bekerja
Memilih program studi yang direkomendasikan LPDP

8. Mengunggah Essay yang ditentukan Rencana Studi untuk beasiswa LPDP program magister.

(erd/erd)