Flyover Tapal Kuda Jaksel Belum Selesai, Ini Kendalanya

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Minggu, 17 Jan 2021 13:09 WIB
Atap rumah warga di sekitar Flyover Tapal Kuda Lenteng Agung sedang ramai diperbincangkan. Lalu, kapan diresmikannya? Padahal targetnya akhir tahun 2020 lalu lho.
Flyover tapal kuda di Lenteng Agung, Jaksel. (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Pengerjaan proyek flyover tapal kuda di Lenteng Agung, Jakarta Selatan, hingga kini belum rampung. Pengerjaan proyek flyover tapal kuda ini sempat terkendala masalah pembebasan lahan.

"Ya karena kemarin terkendala di pembebasan lahan yang untuk konstruksi JPO (jembatan penyeberangan orang)," kata Kepala Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta Hari Nugroho saat dihubungi, Minggu (17/1/2021).

Seperti yang diketahui, flyover tapal kuda belum bisa dilewati kendaraan meskipun pengecatan atap rumah di sekitar kawasan ini selesai dilakukan. Pemprov DKI telah menjadwalkan uji coba yang rencananya akan dilaksanakan pada akhir Januari ini.

"Progres sudah 95 persen dan sekarang lagi buat konstruksi untuk JPO-nya. Rencana uji coba untuk FO (flyover)-nya akhir bulan ini," terang Hari.

Diberitakan sebelumnya, pengecatan atap rumah yang berwarna-warni di sekitar flyover tapal kuda, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, kini sudah rampung. Pemprov DKI memamerkan hasil pengecatan atap rumah di sekitar flyover tapal kuda tersebut.

Tampilan baru atas rumah di sekitar flyover itu diunggah di akun Instagram Pemprov DKI Jakarta @dkijakarta pada Sabtu (16/1). Terlihat beberapa foto dan satu video yang diunggah akun Instagram resmi Pemprov DKI itu.

Foto dan video itu terlihat diambil dari udara. Tampak tampilan atap yang berwarna-warni di atap rumah sekitar flyover tersebut. Terlihat juga gambar ondel-ondel yang menambah hiasan dari atap rumah itu.

"Selamat siang, dari kawasan jalan layang tapal kuda, Lenteng Agung, Jakarta Selatan! Sejak 2 Desember 2020 lalu, permukiman warga di sekitar kawasan ini dipercantik, dengan pengecatan tematik menggunakan cat warna-warni, melibatkan 218 rumah warga di wilayah RW, 01, 02, 03 dan 05," demikian keterangan yang ada dalam unggahan tersebut.

(zak/zak)