CT ARSA Foundation-PZ Cussons Bangun Rumah Inspirasi di Muara Gembong

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 16 Jan 2021 22:56 WIB
CT ARSA Foundation membangun Rumah Inspirasi di Bekasi
Foto: CT ARSA Foundation membangun Rumah Inspirasi di Bekasi (Dok. CT ARSA Foudation)
Jakarta -

CT ARSA Foundation bersama PZ Cussons membangun Rumah Inspirasi di Muara Gembong, Kabupaten Bekasi. Pembangunan Rumah Insiprasi ini sebagai wujud memutus rantai kemiskinan melalui pendidikan.

Tim CT ARSA Foundation pada Jumat (15/1/2020), yang terdiri dari Operasional Manajer Nurhasanah Shihab, anggota tim literasi Elsa, anggota tim kesehatan Adrian, serta anggota tim tim pembangunan Herman Irawan dan Muslih secara resmi melakukan kegiatan peletakan batu pertama pembangunan rumah belajar yang kami namakan Rumah Inspirasi.

Muara Gembong merupakan salah satu kecamatan yang terletak paling ujung di Kabupaten Bekasi. Wilayah yang dikelilingi laut, membuat Muara Gembong memiliki hasil laut yang melimpah dan hampir sebagian besar masyarakatnya bermata pencaharian sebagai nelayan.

Namun keadaan tersebut juga harus dihadapkan dengan kondisi infrastruktur dan akses yang belum sempurna di beberapa wilayahnya. Salah satunya menuju kampung Muara Mati, Desa Pantai Bahagia.

Hal ini dibuktikan oleh tim CT ARSA Foundation yang beberapa kali melakukan kunjungan ke daerah tersebut. Waktu tempuh sekitar tiga jam dari Jakarta, harus dilanjutkan dengan melewati jalan setapak bebatuan bahkan berlumpur jika hujan.

Setelah itu, harus menyeberangi sungai Citarum dengan perahu dan melanjutkan perjalanan sekitar sepuluh menit menggunakan sepeda motor.

Kedatangan tim CT ARSA Foundation selaras dengan visi besarnya memutus mata rantai kemiskinan dengan pendidikan berkualitas dan kesehatan optimal. Hampir satu tahun melakukan koordinasi, CT ARSA Foundation berkolaborasi dengan PZ Cussons mewujudkan harapan masyarakat kampung Muara Mati untuk memiliki rumah baca atau rumah belajar bagi anak-anak disana.

Demi memutus penyebaran virus COVID-19 di masa pandemi, tim CT ARSA Foundation melakukan kegiatan dengan memperhatikan protokol kesehatan secara ketat. Pembangunan direncanakan memakan waktu selama tiga bulan.

Tidak hanya berupa bangunan rumah belajar, CT ARSA Foundation juga melengkapi dengan fasilitas toilet, tempat mencuci tangan serta penyediaan air bersih dengan kolaborasi bersama Shimizu.

(rfs/rfs)