Minta Wejangan, Komjen Sigit Sambangi Sejumlah Mantan Kapolri

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Sabtu, 16 Jan 2021 21:57 WIB
Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo
Listyo Sigit Prabowo/Foto: Citra Nur Hasanah / 20detik
Jakarta -

Calon Kapolri tunggal Komjen Listyo Sigit Prabowo mengunjungi sejumlah rumah para mantan Kapolri. Kunjungan Komjen Sigit merupakan silaturahmi untuk meminta dukungan dan wejangan.

Kediaman mantan Kapolri yang disambangi Komjen Sigit antara lain, kediaman Jenderal (Purn) Sutarman, kediaman Jenderal (Purn) Timur Pradopo, kediaman Jenderal (Purn) Badrodin Haiti, kediaman Jenderal (Purn) Roesman Hadi dan kediaman Jenderal (Purn) Roesdihardjo.

"Sebagai anak dan bapak, Pak Sigit meminta dukungan dan wejangan sekaligus silaturahmi kepada mantan Kapolri. Silaturahmi ini merupakan tradisi dan bentuk penghormatan kepada pendahulu," kata Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono melalui keterangan tertulisnya., Sabtu (16/1/2021).

Argo mengungkapkan para mantan Kapolri itu berharap Komjen Sigit nantinya dapat menjaga solidaritas antara senior dengan junior di internal Polri. Selain itu, kata Argo, mereka juga berpesan agar Komjen Sigit untuk tetap menjaga sinegritas yang sudah terjalin baik antara TNI-Polri.

"Dalam pertemuan itu, para mantan Kapolri memberikan pesan agar Listyo Sigit tetap menjaga soliditas internal dengan senior maupun dengan junior. Juga menjaga sinegritas dengan TNI yang sudah sangat terjalin baik," ungkapnya.

Lebih lanjut Argo mengatakan para mantan Kapolri juga berpesan agar Komjen Sigit nantinya dapat menjalankan amanah sehingga Polri dapat dipercaya oleh masyarakat. Sehingga masyarakat, kata Argo, ikut mendukung segala tugas yang diemban oleh Polri.

"Pesan para senior agar Polri harus dipercaya oleh masyarakat, dengan begitu dalam setiap melakukan tugasnya Polri mendapat dukungan," imbuhnya.

Untuk diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menunjuk Komjen Listyo Sigit sebagai calon tunggal Kapolri menggantikan Jenderal Idham Azis. Komjen Listyo akan menjalani fit and proper test calon Kapolri di DPR pekan depan.

(rfs/rfs)