Round-Up

Banjir Rendam Kalsel Berhari-hari, Lebih dari 20 Ribu Orang Dievakuasi

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 16 Jan 2021 04:31 WIB
Banjir di Kabupaten Banjar, Kalsel.
Foto: Banjir di Kabupaten Banjar, Kalsel. (Dok Polda Kalsel)

"Status Banjarbaru kami nyatakan darurat banjir karena aktivitas seluruh masyarakat terganggu (akibat banjir)," kata Wakil Wali Kota Banjarbaru Darmawan Jaya Setiawan di Banjarbaru, Jumat (15/1) seperti dilansir Antara.

Pemkot Banjarbaru sudah mengerahkan petugas untuk mengevakuasi warga dari daerah terdampak banjir serta menyiapkan tempat pengungsian dan dapur umum untuk membantu korban banjir. Hingga hari ini tercatat ada 20 kelurahan yang terdampak banjir.

banjir kalselRutan II-B Barabai yang terletak di Kabupaten Hulu Sungai Tengah terdampak banjir (Foto: dok Ditjen Pas)

Status tanggap darurat banjir juga diberlakukan di Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Bupati Hulu Sungai Tengah Ahmad Chairansyah, yang tempat kediamannya juga kebanjiran, menyatakan bahwa status tanggap darurat banjir diberlakukan dari 14 hingga 21 Januari 2021.

Banjir membuat jalan, permukiman, pusat perdagangan, sekolah, dan daerah perkantoran tergenang di wilayah Hulu Sungai Tengah. Akses telekomunikasi dan pasokan listrik di daerah itu juga terganggu.

Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina memutuskan menaikkan status dari siaga menjadi tanggap darurat banjir. Ada dua alasan status penanganan bencana alam ditingkatkan.

Pertama, debit air yang merendam permukiman warga tidak kunjung surut. Kedua, arahan dari surat pernyataan dari Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor Nomor 360/038/BPBD/2021 tertanggal 14 Januari 2021 tentang peningkatan status siaga darurat menjadi status tanggap darurat.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3