Santri di Kabupaten Porbolinggo Gelar Salat Gaib Doakan Syekh Ali Jaber

M Rofiq - detikNews
Jumat, 15 Jan 2021 13:46 WIB
Santri di Kabupaten Porbolinggo Gelar Salat Gaib Doakan Syekh Ali Jaber (Foto: M Rofiq/detikcom)
Santri di Kabupaten Porbolinggo Gelar Salat Gaib Doakan Syekh Ali Jaber (M Rofiq/detikcom)
Jakarta -

Ratusan santri Pondok Pesantren Bani Rancang, Desa Lemah Kembar, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, menggelar salat gaib dan doa tahlil. Salat gaib dan tahlil itu untuk mendoakan Syekh Ali Jaber.

"Kami umat muslim dan para santri kami merasa kehilangan sosok ulama kharismatik, dan juga dakwah syiar Islamnya, mengajarkan akhlak umat manusia lebih baik, dan semoga kepergian Syekh Ali Jaber, akan ada dan muncul ulama seperti beliau, yang mengajak umat semakin berakhlak dan tidak saling membenci," ujar Pengasuh Ponpes Bani Rancang, Kiai Agus Hasan, saat dimintai konfirmasi, Jumat (15/1/2021).

Agus mengungkapkan, setidaknya ada 500 santri yang ikut dalam salat gaib dan tahlil hari ini. Selain mendoakan Syekh Ali Jaber, salat gaib dan tahlil tersebut ditujukan untuk korban jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ182 di perairan Kepulauan Seribu.

"Gelar salat gaib dikhususkan untuk almarhum Syekh Ali Jaber dan korban kecelakaan transportasi udara, semua santri mengikuti salat gaib ini, dan semoga ada ganti sosok ulama yang menjadi panutan umat muslim dan para santri," jelas santriwati Ponpes Bani Rancang, Yeni Dwi Cahyani.

Selain itu, ulama, guru pengajar, dan ratusan santri Ponpes Bani Rancang berdoa untuk keselamatan dan dijauhkan dari bala bencana dan musibah untuk Indonesia pada khususnya. Juga untuk umat muslim di seluruh dunia.

"Santri Ponpes Bani Rancang, merasa kehilangan sosok ulama yang kharismatik dan menjadi tauladan bagi kami, dan mendoakan saudara kita yang menjadi korban kecelakaan pesawat terbang jatuh, dan keluarga yang berduka semoga diberi ketabahan, karena hidup dan mati sudah menjadi ketentuan Allah SWT, dan berharap tidak ada lagi bencana di tanah air" tegas Suhud Al Fauzi, santri Ponpes Bani Rancang.

Di pengujung gelar salat gaib, ratusan santri juga berdoa agar penyebaran COVID-19, segera berakhir, agar umat manusia bisa hidup kembali dengan normal.

Seperti diketahui, Syekh Ali Jaber meninggal dunia kemarin, Kamis (14/1). Syekh Ali Jaber meninggal di RS Yarsi, Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Syekh Ali Jaber kemudian dimakamkan di Ponpes Daarul Quran milik Ustaz Yusuf Mansur.

(mae/mae)