Round-Up

Cerita Jokowi dan Mereka Usai Divaksinasi Corona

Hestiana Dharmastuti - detikNews
Kamis, 14 Jan 2021 20:23 WIB
Presiden Jokowi setelah disuntik vaksin Corona
Jokowi setelah divaksin Corona (Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jokowi: Setelah 2 Jam Agak Pegal Sedikit

Jokowi mengaku tak merasakan rasa sakit saat disuntik.

"Ndak ada, ndak terasa apa-apa waktu suntik, waktu suntik ya. Tapi setelah dua jam agak pegal dikit. Agak pegal dikit," kata Jokowi dalam video yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (13/1/2021).

Jokowi mengatakan vaksinasi ini dilakukannya setelah sekian lama tak divaksinasi. Dia mengaku terakhir kali divaksinasi saat akan menunaikan ibadah haji.

Dia pun berharap seluruh masyarakat bersedia divaksinasi Corona seperti dirinya. Mengingat vaksinasi ini adalah upaya agar Indonesia terbebas dari pandemi Corona.

Jokowi menjelaskan nantinya vaksinasi untuk masyarakat akan dilakukan secara bertahap. Namun, dia meminta masyarakat tetap patuh pada protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Menkes Budi Merasa Sedikit Mengantuk Usai Vaksin

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengikuti rapat bersama Komisi IX DPR RI Komisi Kesehatan usai disuntik vaksin.
Dalam rapat tersebut, ia mengaku merasa sedikit mengantuk setelah divaksinasi Corona Sinovac.

"Tadi ambil kopi karena kurang tidur, tadi sudah divaksin jadi tambah ngantuk juga. Demam tidak, tetapi saya rada ngantuk. Tetapi kalau Ibu Penny kayaknya tambah cerah, tapi saya tambah ngantuk," katanya dalam rapat dengan Komisi IX DPR RI, Rabu (13/1/2021).

Ketua PHDI: Nggak Ada Efek Apa-apa, Segar Bugar

Ketua Bidang Kesehatan dan Sosial Kemanusiaan Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) I Nyoman Suartanu tak merasakan efek apa pun pada tubuhnya usai divaksinasi.

"Nggak ada apa-apa, segar bugar," ujar Nyoman kepada detikcom, Rabu (13/1/2020).

Nyoman mengatakan vaksin akan membuat proteksi terhadap diri sendiri dari virus menjadi lebih tinggi. Selain itu, vaksin, kata Nyoman, dapat membuat daya tahan tubuh meningkat.

"Efek samping yang divaksin sangat individual sekali, paling saat disuntik seperti digigit semut setelah itu diobservasi 30 menit, pegel sedikit wajarlah, biasanya seperti biasa saja, beraktivitas kembali seperti biasa," lanjutnya.