LTMPT Undur Batas Masa Sanggah Kuota SNMPTN 2021 hingga 7 Februari

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 14 Jan 2021 18:06 WIB
Ilustrasi fokus (bukan buat insert) SNMPTN 2019 (Luthfy Syahban/detikcom)
LTMPT Undur Batas Masa Sanggah Kuota SNMPTN 2021 (Luthfy Syahban/detikcom)
Jakarta -

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengundurkan batas layanan masa sanggah dan perbaikan kuota SNMPTN 2021 menjadi 7 Februari 2021 pukul 15.00 WIB. Sebelumnya, sekolah hanya bisa mengakses layanan tersebut hingga 15 Januari 2021.

Ketua Tim Pelaksana LTMPT Mohammad Nasih menyatakan kebijakan tersebut sehubungan dengan proses pemutakhiran data sekolah pada sistem Dapodik/Pusdatin Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang bersamaan dengan peralihan kegiatan belajar dari semester gasal ke semester genap.

"Dan untuk memberikan kesempatan pada sekolah dalam melakukan pemutakhiran data sekolah dan siswa kelas XII di portal LTMPT termasuk yang sudah melakukan simpan permanen sebelumnya. Maka tombol 'Simpan Permanen dihapus'," tulis Nasih dalam keterangannya, Kamis (14/01/2021).

Cara sanggah atau perbaikan kuota SNMPTN 2021 bisa dilakukan melalui laman https://vervalsp.data.kemdikbud.go.id. Pihak sekolah bisa mengajukan perbaikan atau sanggah kuota SNMPTN 2021 dengan menggunakan akun operator sekolah yang selama ini digunakan saat melakukan update data.

Kemudian sekolah harus login ke laman https://portal.ltmpt.ac.id menggunakan akun sekolah. Dengan kebijakan perpanjangan layanan masa sanggah tersebut, semua sekolah dapat melakukan pemutakhiran data di portal LTMPT melalui tombol 'Perbarui Data' hingga 7 Februari 2021 mendatang.

LTMPT juga mengingatkan agar sekolah tidak melakukan finalisasi di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) sebelum memastikan telah melakukan pemutakhiran data di portal LTMPT. "Data di portal LTMPT harus sama dengan data pada verval Dapodik/Pusdatin Kemdikbud," tulis Nasih.

PDSS merupakan basis data yang berisikan rekam jejak kinerja sekolah dan nilai rapor siswa yang eligible mendaftar. Menurut jadwal SNMPTN 2021 yang telah ditetapkan LTMPT, pengisian PDSS dimulai Senin, 11 Januari 2021 hingga Senin, 8 Februari 2021.

(pal/erd)