21 Orang Divaksin Corona di Balai Kota DKI Besok, Ada Pejabat-Tokoh Agama

Tiara Aliya - detikNews
Kamis, 14 Jan 2021 17:37 WIB
Suasana terkini Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa (1/12). Kantor Gubernur DKI Jakarta terpaksa harus tutup pasca Anies Baswedan positif dinyatakan COVID-19 berdasarkan hasil tes usap yang dilakukan Senin (30/11).  Sementara itu gedung utama Balai Kota yang terpisah dari kantor Gubernur Anies Baswedan tetap buka dengan menerapkan protokol kesehatan
Balai Kota DKI (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

Pemprov DKI mengundang 21 perwakilan tokoh dan pejabat yang akan disuntik vaksin COVID-19 di Balai Kota esok hari. Gubernur DKI Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria tak masuk daftar orang yang divaksinasi karena berstatus sebagai penyintas.

"Seperti halnya yang dilakukan tingkat pusat. Di DKI Jakarta meskipun hari ini sudah mulai tapi besok berkenan para tokoh-tokoh tadi sebagai role model akan diberikan vaksinasi tanggal 15 Januari hari Jumat sekitar jam 8 pagi ada sekitar 21 orang yang akan berkenan kita lakukan penyuntikan. Tentunya dilakukan penapisan dulu, apakah memang bisa diberikan vaksinasi hari itu," kata Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti melalui konferensi virtual, Kamis (14/1/2021).

Widyastuti merinci 21 orang yang diundang berasal dari kalangan pejabat publik Pemprov DKI Jakarta, perwakilan organisasi profesi hingga tokoh masyarakat. Hal ini, sebut Widyastuti, sesuai dengan arahan pemerintah pusat.

"Pertama pejabat publik, tentunya pejabat tingkat provinsi karena Bapak Gubernur dan Wagub karena penyintas sehingga tentunya yang lain. Kami berharap dari Bu Sekda (Sri Haryati), kemudian dari unsur deputi, wali kota itu ada yang akan siap dilakukan penyuntikan," ujarnya.

"Kelompok kedua adalah organisasi profesi nakes. Kami tentunya punya banyak mitra di dalam jajaran kami mulai dari direktur rumah sakit, IDI, persatuan dokter paru penyakit dalam, apoteker, laboratorium, dan sebagainya itu jadi suatu contoh atau kelompok tertentu. Ketiga adalah tokoh-tokoh masyarakat yang lain, pemuka agama dan sebagainya itu yang akan kita siapkan," sambungnya.

Pelaksanaan vaksinasi terhadap 21 orang ini akan dilaksanakan di Balai Kota Provinsi DKI Jakarta pukul 08.00 WIB. Pantauan detikcom di lokasi pada Kamis (14/1), sejumlah peralatan medis tiba di Balai Kota. Terlihat satu unit ventilator, tabung oksigen, hingga tempat tidur diturunkan dari truk pengangkut.

Ada sekitar lima meja dijajarkan berjarak di teras Balai Kota. Nantinya, meja ini akan diperuntukkan bagi vaksinator dan pendaftaran penerima vaksin.

Diberitakan sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta memastikan vaksin telah terdistribusi di sejumlah puskesmas di wilayah DKI Jakarta. Pendistribusian vaksin dilakukan sejak Rabu kemarin (13/1).

"Sejak kemarin kami distribusikan sesuai jadwal jadi kita memakai konsep wilayah. Di DKI Jakarta ada 5 kota dan kabupaten. Jadi lima kota di DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Selatan, Barat, Timur, kami jadwalkan mulai jam 7 pagi datang di Dinkes dengan bawa alat berstandar sehingga kualitas vaksin terjaga, suhu terjaga datang bersama teman-teman puskesmas," kata Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti melalui konferensi virtual, Kamis (14/1).

"Alhamdulillah DKI secara geografi mudah sehingga kami dengan cepat bisa dalam sehari selesai distribusi sampai dengan puskesmas. Masing-masing puskesmas datang bersama sudin mendapatkan sejumlah vaksin sesuai data yang diterima dinkes sesuai kota tadi," lanjutnya.

Tonton video 'Kapan Penyintas Corona Bisa Disuntik Vaksin?':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2