Kemensos Beri Bansos Berbasis e-KTP, Sulit Jangkau Warga Marginal

Karin Nur Secha - detikNews
Kamis, 14 Jan 2021 15:50 WIB
Mensos Tri Rismaharini
Mensos Tri Rismaharini (Karin Nur Secha/detikcom)
Jakarta -

Kementerian Sosial (Kemensos) akan memberikan bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat berbasis data dari nomor induk kependudukan (NIK) yang tercantum dalam e-KTP. Pendataan berbasis e-KTP ini menyulitkan Kemensos untuk menjangkau warga marginal yang tidak memiliki e-KTP.

"Namun pendataan warga marginal ini bukan perkara mudah. Sebab banyak di antara mereka yang belum memiliki KTP-el, lantaran berbagai sebab seperti tidak paham mengurusnya, dikira harus membayar, dan sebagainya," ujar Menteri Sosial Tri Rismaharani dalam keterangan tertulis, Kamis (14/1/2021).

Sedangkan untuk menerima bantuan sosial ini diperlukan nomor induk kependudukan (NIK) untuk memudahkan pendataan serta verifikasi data. Verifikasi data ini merupakan langkah awal terpenting dalam melakukan pendataan.

Oleh karena itu, Kemensos bekerjasama dengan Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri mengadakan layanan perekaman data e-KTP kepada 136 warga marginal di Gedung Aneka Bhakti Kemensos kemarin (13/1).

"Kepemilikan KTP elektronik dengan NIK menjadi mutlak karena saat ini bantuan pemerintah diberikan kepada warga yang membutuhkan sesuai dengan alamat dan KTP," tutur Risma.

Risma mengatakan data dari NIK dan e-KTP dari Kemendagri menjadi bagian terpenting untuk diintegrasikan dalam proses verifikasi yang dilakukan Kemensos. Adanya data tersebut memudahkan pemerintah memberikan akses bansos agar warga marginal bisa segera keluar dari kemiskinan.

"Kami juga tidak salah administrasi karena pasti alamat dan NIK-nya," kata mantan Wali Kota Surabaya tersebut.

Selain itu, Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh juga mengingatkan dalam pendataan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) diperlukan kejujuran dari si pemilik data.

Simak video 'Ini Daftar Bansos yang Didapat di 2021:

[Gambas:Video 20detik]



Simak berita selengkapnya di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2