Polisi Tangkap Dua Penadah Motor di Pademangan, Satu DPO

Rahmat Fathan - detikNews
Rabu, 13 Jan 2021 21:26 WIB
Dua pelaku pencurian sepeda motor dan enam orang penadah diringkus Polsek Metro Setiabudi. Dua pelaku tersebut terpaksa ditembak polisi karena melawan.
Foto: Iswahyudi/detikcom
Jakarta -

Polres Metro Jakarta Utara menangkap dua penadah motor berinisial NS (40) dan MS (35). Penangkapan itu berada di kawasan Pademangan, Jakarta Utara.

Kapolres Metro Jakarta Utara, Kombes Arif Guruh Darmawan, mengatakan penangkapan itu bermula ketika polisi melakukan patroli di kawasan Pademangan pada 2 Januari lalu. Saat itu polisi melihat ada aktivitas mencurigakan yang dilakukan NS, MS, dan YS. Ketika itu ketiga pelaku tengah menaikkan tiga unit motor ke atas mobil.

"Satu orang berinisial YS berhasil kabur dan anggota Opsnal berhasil mengamankan NS dan MS beserta empat barang bukti berupa tiga motor dan satu unit mobil APV," ujar Kapolres Metro Jakarta Utara, Kombes Pol Arif Guruh Darmawan saat dikonfirmasi detikcom, Rabu (13/1/2021).

Setelah dilakukan pemeriksaan, kedua tersangka mengaku kerap melakukan jual-beli motor hasil curian di kawasan Jakarta Utara dan Cirebon. Pelaku menjual motor hasil curian melalui Facebook.

"Setelah selesai transaksi, sepeda motor tersebut dibawa ke daerah Cirebon, tepatnya di wilayah Losari tempat di mana pelaku berasal dan kemudian oleh pelaku dijual kepada warga setempat," kata Guruh.

Dalam kasus ini, polisi mengamankan barang bukti berupa 15 motor dari berbagai merek serta 1 mobil Suzuki APV. Tersangka terancam Pasal 481 ayat (1) KUHP dengan hukuman 7 tahun penjara.

(man/man)