Komjen Listyo Calon Kapolri, Buya Syafii: Kita Hormati Pilihan Presiden

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 13 Jan 2021 18:32 WIB
Buya Syafii Maarif di kantor PP Muhammadiyah, Yogyakarta, Jumat (3/1/2020).
Buya Syafii Maarif (Foto: Usman Hadi/detikcom)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai calon Kapolri tunggal. Mantan Ketua PP Muhammadiyah Buya Syafii Maarif menghormati keputusan Presiden tersebut.

"Sebagai pilihan Presiden kita hormati," kata Buya Syafii kepada wartawan, Rabu (13/1/2021).

Selain itu, Buya Syafii juga mengucapkan selamat kepada Komjen Listyo Sigit Prabowo lantaran menjadi calon tunggal Kapolri yang diajukan ke DPR RI.

"Selamat buat Jenderal Listyo Sigit sebagai calon tunggal Kapolri," kata dia.

Presiden Jokowi sudah memutuskan Komjen Listyo Sigit Prabowo menjadi calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis, yang memasuki masa pensiun. Komjen Listyo Sigit Prabowo merupakan salah satu nama yang direkomendasikan Kompolnas dan merupakan calon tunggal Kapolri.

Penyetoran nama Komjen Listyo Sigit Prabowo disampaikan oleh Ketua DPR Puan Maharani di gedung DPR, Rabu (13/1). Surat Presiden untuk calon Kapolri dikirimkan ke DPR hari ini langsung oleh Mensesneg Pratikno.

"Surpres telah kami terima dari Bapak Presiden, yang mana Bapak Presiden menyampaikan usulan pejabat Kapolri yang akan datang dengan nama tunggal, yaitu Bapak Drs Listyo Sigit Prabowo, MSi, yang saat ini menjabat sebagai Kabareskrim di Polri," ujar Puan.

(lir/fjp)