Cak Imin Tak Muncul Saat DPR Umumkan Calon Kapolri, Ke Mana?

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Rabu, 13 Jan 2021 16:55 WIB
Cak Imin
Cak Imin (Foto: dok. PKB)
Jakarta -

Pimpinan DPR RI telah menerima surat presiden (surpres) mengenai calon Kapolri pagi tadi. Di surat itu, Presiden Jokowi menunjuk Komjen Listyo Sigit Prabowo menjadi calon Kapolri pengganti Kapolri Jenderal Idham Azis.

Penyerahan surpres calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo diberikan langsung oleh Mensesneg Pratikno. Prosesi penyetoran supres calon Kapolri dihadiri langsung Ketua DPR Puan Maharani dan Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin, Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad, serta Wakil Ketua DPR RI Rachmad Gobel.

Dalam momen tersebut, hanya Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar (Cak Imin) yang tidak hadir. PKB mengatakan Cak Imin sedang berada di luar kota.

"Beliau sedang di luar kota," kata Waktum PKB Jazilul Fawaid kepada wartawan, Rabu (13/1/2021).

Dimintai konfirmasi terpisah, Ketua DPP PKB Faisol Riza juga mengatakan Cak Imin sedang berada di luar kota. Ia menyebut Cak Imin berada di Jawa Timur.

"Sedang di luar kota. Jawa timur," kata Faisol Riza.

Lebih lanjut Faisol mengatakan Cak Imin sedang melakukan tugas internal PKB. "Tugas internal. Internal partai," ungkapnya.

Diketahui, Presiden Jokowi sudah memutuskan Komjen Listyo Sigit Prabowo menjadi calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis, yang memasuki masa pensiun hari ini. Komjen Listyo Sigit Prabowo merupakan salah satu nama yang direkomendasikan Kompolnas dan merupakan calon tunggal Kapolri.

"Surpres telah kami terima dari Bapak Presiden, yang mana Bapak Presiden menyampaikan usulan pejabat Kapolri yang akan datang dengan nama tunggal, yaitu Bapak Drs Listyo Sigit Prabowo, MSi, yang saat ini menjabat sebagai Kabareskrim di Polri," kata Ketua DPR Puan Maharani di gedung DPR, Rabu (13/1).

(hel/gbr)