Vaksinasi Tahap Awal di Gorontalo Hanya Dilakukan di 3 Kabupaten/Kota

Ajis - detikNews
Rabu, 13 Jan 2021 15:09 WIB
Distribusi vaksin COVID-19 di Gorontalo (Ajis/detikcom).
Distribusi vaksin COVID-19 di Gorontalo (Ajis/detikcom)
Gorontalo -

Pemprov Gorontalo hanya akan melakukan vaksinasi tahap awal di 3 wilayah kabupaten/kota, tepatnya daerah yang berbatasan langsung dengan ibu kota provinsi. Tiga daerah lainnya akan dilakukan vaksinasi pada Februari mendatang.

"Kita dapat petunjuk dari pusat bahwa kabupaten kota yang berbatasan dengan ibukota provinsi itu yang diprioritaskan tahap satu. Jadi yang berbatasan dengan ibukota provinsi yaitu, Bone Bolango, Kabupaten Gorontalo dan Kota Gorontalo," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo Yana Yanti Suleman, di Instalasi Farmasi Kota Gorontalo, Rabu (13/1/2021).

Saat ini Pemprov Gorontalo telah selesai mendistribusikan vaksin kepada 3 wilayah yang berbatasan langsung dengan ibu kota provinsi tersebut. Dengan rincian, Kabupaten Gorontalo mendapat 4.120 vaksin, Kota Gorontalo 4520 vaksin, dan Kabupaten Bone Bolango 1.120 vaksin.

"Alhamdulillah distribusi sudah selesai, Bone Bolango, Kota Gorontalo dan Kabupaten Gorontalo sudah selesai. Semoga kendala-kendala teknis yang lain sudah diatasi dan semua kabupaten kota yang siap ini sudah bisa melakukan vaksinasi," kata Yana mantan direktur RS Ainun Habibie Gorontalo.

Dia juga menjelaskan, untuk sisa 3 kabupaten yang belum menerima vaksin COVID-19 akan masuk pada tahap dua, direncanakan pada minggu kedua Februari.

"Kita pastikan minggu ini Cold Room atau pendingin ruangan vaksin di 3 kabupaten yang belum, yaitu Kabupaten Pohuwato, Boalemo dan Gorut, sudah siap," lanjut Yana.

Provinsi Gorontalo, untuk tahap pertama, mendapat jatah sebanyak 9.760 dosis vaksin COVID-19. Tahap awal hanya 3 kabupaten yang belum masuk pada vaksinasi COVID-19, yaitu Kabupaten Pohuwato, Boalemo, dan Gorontalo Utara.

"Untuk kick off vaksin di Gorontalo rencana Jumat tanggal 15 Januari," tutup Yana.

(nvl/nvl)