Pinger Locator dari Singapura Akan Didatangkan Cari Black Box Sriwijaya Air

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Selasa, 12 Jan 2021 10:53 WIB
KR Baruna Jaya IV
KR Baruna Jaya IV. (Foto: BPPT)
Jakarta -

Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mengungkap pinger locator dari Singapura akan didatangkan ke Kapal Riset Baruna Jaya IV. KNKT berharap alat tersebut dapat mengoptimalkan pencarian black box pesawat Sriwijaya Air SJ182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta Utara.

"Kemungkinan besar sesuai dengan informasi dari Pak Ketua akan didatangkan juga pinger locator dari Singapura yang akan didatangkan ke Baruna Jaya IV supaya pencarian ini lebih optimal lagi. Untuk pencarian black box lebih akurat," kata Investigator Keselamatan Pelayanan KNKT Bambang Irawan kepada wartawan di atas Kapal Riset Baruna Jaya IV, Selasa (12/1/2021).

Bambang menerangkan, sejatinya timnya juga telah lebih dulu menggunakan pinger locator untuk menyisir koordinat jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ182. KNKT, kata Bambang, akan berfokus pada satu poin yang telah dihimpun dari titik-titik koordinat.

"Jadi tentu kita selalu berkoordinasi juga dengan tim yang sudah berada duluan di lokasi, jadi ada tim dari KNKT udara yang memang sudah berada di KRI Rigel itu yang memang sudah menyisir koordinat yang menggunakan pinger locator," katanya.

"Jadi digunakan pinger locator dari KNKT yang berada di Rigel dan saat ini poin-poin titik koordinatnya sudah di informasikan juga pada kita jadi dengan demikian maka kita akan mengupayakan atau fokus ke poin tersebut. Jadi tentu itu tadi kita berdasarkan pada titik koordinat yang telah didapatkan oleh pinger locator yang berada di KRI Rigel," imbuhnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2